Komisi I Deprov Gorontalo Desak Bawaslu dan KPU Segera Buat Peraturan Konten Siaran Pemilu

Anggota komisi l DPRD Provinsi Gorontalo, Sitti Nurain Sompie (foto Istimewa).

TATIYE.ID (DEPROV) – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo melakukan kunjungan kerja di Stasiun Radio Suara RH.

Kunker yang diterima langsung oleh Kepala Stasiun Radio RH tersebut dilakukan dalam rangka mengawasi konten siaran terkait Pemilu 2024.

Dalam Kunker tersebut Komisi I DPRD menghimbau seluruh Radio yang ada di Gorontalo agar satu komando (arahan) dalam menyiarkan konten terkait Pemilihan Umum 2024 untuk menghindari terjadinya simpang siur informasi terkait Pemilu.

Himbauan tersebut disampaikan langsung oleh salah satu Anggota Komisi I DPRD, Sitti Nurain Sompie saat diwawancara usai melakukan Kunjungan Kerja bersama rombongan di Stasiun Radio RH.

“Harapan saya Radio-radio yang ada di Provinsi Gorontalo bisa satu komando, satu arahan dalam artian satu radio informasinya harus sama dengan radio lain agar masyarakat tidak menilai informasi yang disampaikan berbeda,” ujar Sitti Nurain Sompie, Selasa (8/08/2023).

Tak hanya itu, mengingat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang semakin dekat bisa dikatakan tinggal menghitung bulan, melihat kampanye dimana-mana dengan menggunakan berbagai media informasi yang ada, membuat peraturan dalam konten penyiaran perlu dilakukan.

Untuk itu, dalam wawancara tersebut Sitti juga meminta Bawaslu dan KPU untuk melakukan sosialisasi di setiap Radio yang ada di Gorontalo mengenai peraturan dan ketentuan dalam menyiarkan konten Pemilu.

Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan agar media penyiaran Radio lebih memperhatikan konten yang akan disiarkan, yang nantinya aturan tersebut akan dipatuhi oleh para caleg dalam memberitakan konten terkait Pemilihan Umum.

“Pada intinya kami Komisi I berharap nantinya KPU dan Bawaslu juga bisa datang ke Radio RH untuk melaksanakan sosialisasi, agar kedepannya para caleg yang ingin membuat ucapan memiliki batasan apalagi sekarang maraknya pemasangan baliho dimana-mana,” kata Sitti.

Sitti berharap informasi yang dimuat oleh seluruh Radio nantinya akan memberikan edukasi serta pemahaman kepada masyarakat mengenai Pemilu.

Exit mobile version