Koalisi Indonesia Bersatu, Punya Peluang Besar Menangkan Pilgub Gorontalo

TATIYE.ID (POLITIK) – Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) ini secara resmi dibentuk oleh ketiga partai untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Tiga partai tersebut adalah Partai Golkar, PAN, dan PPP.

Pada Sabtu, (4/6/2022) malam KIB menggelar Silaturahmi Nasional (Silatnas) di Jakarta. Selain memperkenalkan tradisi politk baru, di silatnas itu juga KIB menandatangani nota kesepahaman mengenai agenda koalisi ke depan.

Lantas, apakah koalisi ini akan berlaku juga di daerah? Terlebih atmosfer politik disetiap wilayah tentunya berbeda-beda. Terutama di Gorontalo.

Sebagai kader partai, tugasnya adalah menjalankan apa yang sudah diperintahkan. Sama halnya dengan Nelson Pomalingo, Ketua DPW PPP Provinsi Gorontalo. Ia berharap koalisi ini akan berlangsung di daerah.

“Nah khusus untuk provinsi, kabupaten kota diharapkan (bisa berkoalisi) begitu juga, dalam rangka Pilkada,” kata Nelson saat diwawancarai via telepon.

Kekuatan Golkar, PAN, dan PPP di Gorontalo sendiri cukup kuat. Tak jarang tiga partai ini juga sering terlihat harmoni di kalangan pengamat politik. Artinya, KIB ini punya peluang besar untuk memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024.

Kendati demikian, bicara soal calon gubernur lagi lagi keputusannya bergantung pada siapa figurnya? dan bagaimana hasil dari Pemilihan Legislatif (pileg).

“Namun dengan melihat hasil Pemilu hari ini sudah bisa menjadi modal untuk berkoalisi. Jadi peluang itu ada, baik Pilgub maupun Pilkada,” tutur Nelson.

“Bukan sekedar berkoalisi tapi juga ditentukan dari figur-figur yang disodorkan partai itu. Kan tidak sekedar bersatu tapi bagaimana menang kah. Sambil kita melihat hasil Pileg nanti,” kata Nelson.

Terakhir, Nelson berpendapat bahwa komunikasi politik dengan beberapa partai juga penting. Menurutnya itu dapat menentukan hasil pileg dan figur yang nantinya akan diusung.

Exit mobile version