Kejurnas Catur Resmi Dibuka, Menpora Apresiasi Chess School Gorontalo

TATIYE.ID (SPORT) – Kamis (15/09/2022), Kejuaraan Catur Gubernur Cup Se Indonesia Timur Ke VIII yang dilaksanakan Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Gorontalo resmi dimulai setelah dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali di Ball Room Hotel Aston Kota Gorontalo.

Dalam sambutannya Menpora Zainudin Amali mengatakan cabang olahraga catur adalah salah satu cabor yang dinilai punya program pembinaan yang berjalan baik. Salah satu bukti setiap kejuaraan Internasional, olahraga otak ini turut menyumbang medali bagi kontingen Indonesia. Bahkan pada pelaksanaan Sea Games di Vietnam 2021 Catur menyumbang 3 medali emas.

Nah, melalui Turnamen catur Indonesia Timur ini Menpora berharap akan lahir atlet dari Gorontalo yang berkalitas dan mampu mengangkat nama Gorontalo di tingkat Nasional hingga Internasional.

“prestasi catur Indonesia setiap bertanding internasional selalu menyumbangkan medali, ini luar biasa, karena tata organisasinya bagus, cabor itu kalau diurus dengan baik Insya Allah prestasi akan bermunculan, tapi kalau diurus sambil lewat, sekedar-sekedar, maka jangan berharap ada prestasi. Sehingga saya memberi apresiasi atas terselenggaranya kejuaraan ini, ini sangat penting karena prestasi dihasilkan dari kompetisi, meski orang berlatih sepanjang tahun tetapi tanpa kompetisi, event atau kejuaraan, kita tidak mungkin bisa mengukur hasil pembinaan,” kata Zainudin Amali.

Dukungan senada juga disampaikan penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer. Pemerintah Provinsi Gorontalo mendukung sepenuhnya pelaksanaan setiap kejuaraan Olahraga termasuk Catur. Menurutnya pengembangan Olahraga Olahraga memiliki banyak manfaat bukanya sekedar meraih prestasi tetapi juga akan menjamin kesejahteraan masyarakat.

“kenapa banyak kejuaraan yang kita laksanakan sehingga nantinya ekonomi lokal itu berputar dan Alhamdulillah sekarang aktifitas masyarakat perekonomiannya mulai berjalan, oleh karena itu kejuaraan ini salah satu indikator untuk kita bisa mendorong sehingga ekonomi Gorontalo bisa naik,” ujarnya.

Sementara itu Ketua umum PERCASI MN. Safrin Saifi menjelaskan Kejuaraan Catur Indonesia Timur ini salah satu program tetap PERCASI Provinsi sebagai wadah pembinaan atlet dari usia dini hingga Senior. Selain itu, pihaknya juga membangun kerjasama dengan KONI Provinsi Gorontalo dan Pengurus Cabang Kabupaten Kota untuk membentuk pusat pembinaan atlet catur di Provinsi Gorontalo.

“kami saat ini tengah merintis Chess school Gorontalo atau sekolah catur di Gorontalo, semoga cita-cita besar yang kami usung bersama KONI Provinsi Gorontalo dan Pengurus Cabang Kabupaten Kota ini akan berdiri, dan saat ini juga kami sedang membangun The Brand tim yunior, tim The Brand yunior yang penerus dimana 10 tahun atau 20 tahun kedepan akan menjadi atlet professional mampu berprestasi tingkat Nasional hingga Internasional,” jelasnya.

Sebagai informasi, Kejuaraan Catur Indonesia timur tersebut diikuti 62 regu utusan dari Pulau Sulawesi dan Maluku. Kejuaraan ini mempertandingkan nomor regu dan catur Kilat dengan total Bonus 50 juta Rupiah. Turut hadir dalam pembukaan tersebut Wakil Wali kota Ryan Kono, Anggota DPRD Provinsi, Forkopimda dan Ketua umum KONI Provinsi Gorontalo MN. Fikram Az. Salilama. (*)

Exit mobile version