Karateka Gorontalo Bela Timnas di Kejuaraan Dunia WKF Youth League UEA

TATIYE.ID (SPORT) – Setelah beberapa waktu lalu Gorontalo dihebohkan dengan prestasi salah satu atlet e-Sport Gorontalo yang meraih medali emas diajang Asia. Kini giliran satu atlet dan pelatih karate Gorontalo Zaskia Putri Salurante dan Pelatih Ricky Dama yang akan mengikuti Kejuaraan Dunia Karate K1 WKF YOUTH LEAGUE di Fujairah Uni Emirate Arab pada tanggal 22 hingga 25 Februari 2024.

Kondisi ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa pembinaan olahraga di Provinsi Gorontalo terus menunjukan perbaikan. Ya, selain sukses meraih prestasi di kejuaraan, sejumlah atlet Gorontalo juga turut masuk dalam tim Nasional Indonesia di kejuaraan tingkat Internasional.

Sebut saja atlet sepak takraw, E-Sport dan Taekwondo, yang beberapa tahun terakhir sukses meraih prestasi internasional dan nasional. Bahkan pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun ini Gorontalo menjadi kontingen terbesar dibandingkan edisi-edisi sebelumnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo Wahyudin Katili kepada awak media ini mengatakan, proses pembinaan atlet di PPLP tidak hanya menciptakan atlet untuk berprestasi di tingkat Nasional tetapi yang lebih utama mampu menjadi atlet nasional dan sampai saat ini sejumlah atlet yang di bina di PPLP mampu mencapai hal tersebut, Jum’at (16/02/2024).

“Harapannya dengan keikutsertaan atlet dan pelatih ini menjadi motivasi bagi atlet lainya bukan hanya atlet karate saja, tetap seluruh atlet yang ada di PPLP,” harap mantan Kadis Dikbudpora tersebut.

Terpisah Ricky Dama pelatih karate PPLP Gorontalo menjelaskan Zaskia dipilih PB INKANAS berdasarkan prestasi gemilang pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) antar PPLP tahun 2021 dan 2023. Ditambah pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional tahun 2023 lalu Zaskia meraih Perunggu.

“Jadi kejuaraan Dunia yang akan diikuti Zaskia ini juga merupakan salah satu event kualifikasi untuk mengumpulkan Point guna persiapan mengikuti Olimpic Youth Games yang akan di selenggarakan di Dakar Senegal Tahun 2026 mendatang,” jelas Ricky.

Sebagai informasi, Zaskia akan bergabung dengan 4 atlet karate terbaik Indonesia lainnya dari Perguruan Inkanas dan di Kejuaraan Dunia tahun ini Ricky Dama akan menangani Timnas bersama pelatih nasional karate, Umar Syarif. (*)

Exit mobile version