TATIYE.ID (PEMPROV) – Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Gorontalo mengikuti kegiatan Sharing Session Best Practice Kebijakan Pelayanan Publik Terintegrasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Selasa (2/7/2024) di Hotel Shangrila, Jakarta.
“Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Azerbaijan dengan Pemerintah Republik Indonesia, dimana Pemerintah Azerbaijan dalam penyelenggaraan pelayanan publik telah menerapkan pelayanan publik terintegrasi. Sistem pelayanan publik terintegrasi yang dikembangkan Pemerintah Azerbaijan dikenal dengan “Asan Service Centers” dengan nama aplikasi Asan Xidmat,” tutur Danial.
Pengguna sistem ini sejumlah lebih dari 400 layanan, yang terdiri dari 210 layanan oleh 15 public organizations, dan 190 layanan oleh 30 private organizations dengan prinsip transparansi, integrasi, dan tanpa birokrasi berbelit. Asan Xidmat juga menempati peringkat pertama di bidang pelayanan publik dan menerima penghargaan atas inovasi dalam aplikasi teknologi modern dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Tahun 2015.
Di Indonesia sistim ini diduplikasi dalam bentuk Mall Pelayanan Publik (MPP) oleh 230 pemerintah daerah dan Mall Pelayanan Publik Digital (MPPD) yang dapat diakses sejumlah 60 pemerintah daerah.
Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Gorontalo, dalam penyelenggaraan pelayanan publik terkait perizinan berusaha telah menggunakan Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA). Sementara untuk perizinan dan non perizinan yang tidak menggunakan OSS – RBA, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Gorontalo telah mengembangkan sistim aplikasi Gorontalo Online Single Submission Okay (GOSSO).
Danial juga menyampaikan bahwa hal ini dilakukan untuk mempermudah pelaku usaha untuk mengurus izin maupun non izin tanpa melihat ruang dan waktu, kapan saja dan dimana saja sistem ini dapat diakses melalui internet serta tanpa dipungut biaya alias gratis.
Selain aplikasi GOSSO, Dinas PMPTSP juga melakukan kegiatan Mobile Service guna memberikan kemudahan dan pendekatan layanan kepada masyarakat.
Ia juga menambahkan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut adalah bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
“Kami akan mengambil contoh dan pelajaran terbaik dari apa yang telah diterapkan oleh Pemerintah Azzerbaijan dalam hal pelayanan publik. Pada prinsipnya Pemerintah Provinsi Gorontalo akan memberikan yang terbaik dalam pelayanan kepada masyarakat Gorontalo,” pungkasnya.