Kadin dan Diskominfotik Gorontalo Jajaki Kerjasama Dukung UMKM Go Digital

TATIYE.ID (GORONTALO) – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Gorontalo mengajak Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo kerjasama dalam hal mendukung UMKM di Provinsi Gorontalo bisa Go Digital. Rencana kerjasama ini tertuang dalam pertemuan Kadin Gorontalo dengan Kepala Dinas Kominfotik Masran Rauf, di ruang Kadis Kominfo, Kamis (16/6/2022).

“Pertemuan hari ini adalah dalam rangka mensinergikan program. Insyaallah ada program Kominfo yang akan kita sinergikan dengan Kadin dan kita akan tindaklanjuti lagi setelah rapat kerja Kadin Provinsi Gorontalo,” ungkap Kepala Kadin Gorontalo Muhalim Litti.

Muhalim menyampaikan rencana kerjasama ini akan fokus ke UMKM Gorontalo untuk bisa mendigitalisasi usaha masing – masing. Hanya saja, ia menyebutkan tingkat literasi digital yang rendah menjadi salah satu kendala yang dihadapi dalam mendigitalisasi UMKM.

“Untuk itu kenapa akan berkolaborasi dengan Kominfo, karena kami tolong disupport dari sisi digitalnya. Mudah-mudahan ini akan berjalan lancar supaya UMKM di Gorontalo bisa go digital, karena di Kadin kami punya program untuk UMKM digital. Kominfo punya program Gorontalo Digital, ini nyambung,” tambahnya

Ditempat yang sama Kadis Kominfotik Masran Rauf menyambut baik rencana kerjasama ini. Menurut Masran, Kadin Gorontalo dan Kominfo bisa jadi mitra yang baik untuk mendorong UMKM Gorontalo untuk Go Digital, sebagaimana yang selama ini digaungkan oleh pemerintah pusat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, yang dibuat untuk mendorong masyarakat dalam membeli produk buatan UMKM lokal.

“Tentu Kadin bisa jadi mitra kami dalam hal pengembangan digitaliasi termasuk UMKM ini. Ada beberapa program dari Kementrian Kominfo, contoh ada leveling digital talen di sini di dalamnya termasuk UMKM. Kami juga baru saja melaunching Gorontalo digital ini bisa nyambung di sini. Peluang peluang ini semoga bisa kita atur, kontennya apa sesuai SOP nya. Kami akan dukung semua,” kata Masran

Masran pun berharap kerjasama ini tidak hanya sekedar dalam pertemuan biasa tapi harus direalisasikan. Mendorong transformasi digital di berbagai lapisan masyarakat telah menjadi komitmen pemerintah pusat hingga ke daerah.

Exit mobile version