Kades Saleh Yusuf : Bangun Drainase Untuk Cegah Banjir

KABAR DESA (TC) – Banjir yang setiap musim  penghujan kerap mengganggu aktivitas warga nampaknya menjadi perhatian khusus bagi  Pemerintah Desa Sukma, Kecamatan Botupingge , Kabupaten Bone Bolango , hal tersebut terlihat dari upaya pemerintah  membangun sarana irigasi drainase untuk mengantisipasi banjir yang terjadi setiap musim penghujan. Selasa (8/10).

Pembangunan sarana drainase berada di dusun 3 termasuk  dataran rendah yang terletak disekitaran sungai Bone .

Kepala Desa Sukma Saleh Yusuf kepada awak media Kabar Desa  mengatakan, banjir yang terjadi jika hujan lebat karena tidak adanya saluran air atau drainase, Sehingga saat hujan lebat air meluap ke jalan desa dan pemukiman warga dusun 3  yang terdampak banjir.

“Memang pembuatan drainase merupakan salah satu program prioritas dana desa  untuk agenda kegiatan tahun 2019. Karena memang kegiatan banjir setiap musim hujan sangat mengganggu aktifitas warga terutama di dusun 3 dan 2 ” Ungkap Saleh Yusuf

“Jadi irigasi drainase ini memang dibuat sebagai normalisasi saluran pembuangan air menuju Sungai Bone . Jika sebelumnya limpahan air hujan tertahan maka dengan adanya pembangunan ini banjir tidak terjadi,†Ungkapnya.

Kepala Desa Sukma  2 Periode tersebut menjelaskan selain pembuatan irigasi drainase kegiatan pembangunan lain Desa Sukma adalah membuat penutup pada drainase yang ada di dusun 1 Desa Sukma, Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka menata lingkungan agar lebih kelihatan indah .

Saleh Yusufpun berharap   dengan tersedianya irigasi drainasi diwilayah dusun 3  sudah tidak terjadi banjir. Namun begitu Saleh  Yusuf juga menghimbau kepada warga untuk tidak membuat kegiatan yang dapat mengakibatkan sarana irigasi tidak berfungsi sehingga dapat merugikan masyarakat.

“Saya berharap dengan dibangunnya drainase tersebut kiranya  warga juga ikut menjaga Fasilitas yang sudah dibangun  Dan tidak melakukan kegiatan kegiatan yang dapat merugikan masyarakat lainya dan mengakibatkan banjir terjadi lagi,†Pungkas Saleh Yusuf

Pewarta : Zulkifli

Exit mobile version