Jika Rakyat Kabgor Kompak, ‘Fix’ Nelson Gubernur Gorontalo

TATIYE.ID (POLITIK) – Nelson Pomalingo menjadi salah satu figur yang digadang-gadang akan bertarung memperebutkan kursi sebagai Gubernur Gorontalo pada 2024 nanti.

Hal itu dipastikan setelah keluar hasil Musyawarah Cabang (Muscab), dan Musyawarah Wilayah (Muswil) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang menentukan Nelson Pomalingo sebagai kandidat tunggal calon gubernur.

“Di partai saya (PPP) itu telah menetapkan putusan, dan putusan itu adalah putusan muscab dan muswil yang menetapkan saya sebagai calon tunggal gubernur,” kata Nelson saat kegiatan dialog publik kepemimpinan NDH 365 hari, di warkop danau Limboto Senin (28/2/2022).

Menurut Bupati Gorontalo itu, untuk menjadi Gubernur butuh dukungan dari semua pihak. Terutama dari masyarakat Kabupaten Gorontalo yang notabene mempunyai penduduk terbanyak di Provinsi Gorontalo.

Diketahui, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo, jumlah penduduk Kabupaten Gorontalo pada tahun 2020 mencapai diangka 393.107 jiwa dan akan terus bertambah. Jumlah tersebut jika digabungkan sama dengan jumlah penduduk di 3 Kabupaten berbeda.

“Kalau masyarakat kompak, jika hitung hitungan politik seharusnya bupatinya mampu jadi Gubernur,” lanjut Nelson

Jika dilihat dari histori, Gubernur Gorontalo untuk pertama kalinya adalah alm. Ahmad Pakaya yang juga sebagai Bupati Gorontalo pada waktu itu. Namun, karena instruksi partai yang mengharuskan Fadel Muhammad sebagai Gubernur, mau tidak mau ia merelakan cita citanya sebagai orang nomor satu di Provinsi Gorontalo.

Pada Pemilihan Gubernur (pilgub) selanjutnya, alm. David Bobihoe maju bersama Nelson Pomalingo. Akan tetapi, pasangan Davidson tersebut kalah dari pasangan Rusli Habibie dan Idris Rahim.

“Pak Rusli Habibie saja yang waktu itu sebagai Bupati Gorut yang penduduknya sedikit mampu menjadi Gubernur,” bebernya.

Akan tetapi, Nelson sampai dengan saat ini belum menyatakan sikap untuk maju sebagai gubernur. Terlebih lagi, ia masih fokus dengan jabatannya sebagai Bupati Gorontalo.

Exit mobile version