Jelang Rekrutmen KPPS, KPU Bonebol Lakukan Pengawasan Lewat Sosialisasi

Foto istimewa

TATIYE.ID (BONEBOL) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango menggelar sosialisasi pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilihan Umum 2024 mendatang.

Sejalan dengan resmi dibukanya rekrutmen KPPS, sosialisasi ini digelar oleh pihak KPU guna melakukan pengawasan dan pengawalan pada tahap proses pembentukan KPPS di Kabupaten Bone Bolango.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bone Bolango, Sofyan Djama selaku pemateri mengungkapkan tujuan diadakannya sosialisasi tersebut untuk memastikan seluruh tahapan seleksi calon anggota KPPS berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku.

Foto Istimewa

“Pengawasan ini juga dilakukan untuk pencegahan kesalahan terhadap potensi pelanggaran administrasi yang kemungkinan terjadi pada pelaksanaan tahapan pembentukan KPPS”, tutur Sofyan, Kamis (7/12/2023).

Adapun langkah ini dilakukan untuk mengimplementasikan sebagaimana yang telah tercantum dalam Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Undang-Undang Bawaslu No 5 tentang pengawasan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPU Kabupaten Bone Bolango, Sutenti Lamuhu juga menekankan beberapa point dalam sosialisasi tersebut dimana Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditekankan agar bisa lebih selektif dalam memilih calon yang akan ditugaskan untuk menjadi KPPS nanti.

Sutenti juga menambahkan, seusai digelarnya sosialisasi ini Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) diharapkan dapat melakukan sosialisasi secara luas kepada masyarakat terkait tahapan dan proses rekruitmen KPPS.

“Dalam pelaksanaan Pemilu penting bagi kita untuk sama-sama mendukung dan bekerja sama dalam menyukseskan pemilu 2024 di Kabupaten Bone Bolango”, pungkasnya.

Exit mobile version