Jelang Hari Raya Idul Adha, Diskumperindag Sidak di Pasar Tradisional Tilamuta

TATIYE.ID (BOALEMO) – Dinas Kumperindag Kabupaten Boalemo melakukan inspeksi mendadak (Sidak) soal ukuran dan liter serta alat timbangan yang dipakai oleh para pedagang pasar tradisional Tilamuta, Kamis (30/06/2022).

Sidak tersebut merupakan tindakan lanjut kepala Dinas Kumperindag Hasan Makuta, terkait keluhan dari masyarakat yang merasa dirugikan oleh para pedagang yang memakai alat ukur tidak sesuai standar regulasi.

“Alhamdulillah kunjungan kami kepasar tradisional Tilamuta itu mendapat respon baik dari pelaku usaha maupun masyarakat pengunjung pasar,” ucap Hasan Makuta.

Ia pun menambahkan bahwa dalam sidak itu telah menemukan pedagang pasar tradisional yang menggunakan alat takar mirip dengan ukuran liter yang sebenarnya. Sehingga dilakukan penyegelan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Kami menemukan ada beberapa takaran yang mirip dengan ukuran liter sebenarnya, kami telah mengadakan Penyegelan sesuai dengan regulasi yang berlaku, dan kami akan menstabilkan,” tambahnya.

Tak hanya itu, Kadis Kumperindag juga menjelaskan terkait melonjaknya harga sembilan bahan pokok saat menjelang perayaan hari raya idul Adha 1443 hijrah 2022, bukan permainan dari para pedagang.

“Terkait dengan hal itu sudah kami konsultasi ke provinsi bahwa melonjaknya sembilan bahan pokok itu memang nyata-nyata bukan dari pelaku usaha, melainkan dari suplay bawah merah, tomat, rica, gagal panen yang diakibatkan cuaca ekstrem,” jelasnya.

Untuk itu, ia menghimbau kepada Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Pangan, agar melakukan kerja sama untuk menggalakkan pemampatan pekarangan rumah untuk menanam Bawang Merah, Rica, Tomat (Barito).

Exit mobile version