Jadi Narasumber di Tempo TV, Marten Taha Tokoh Pilihan Edisi Khusus

TATIYE.ID (KOTA GORONTALO) – Keberhasilan Walikota Gorontalo Marten Taha dalam membawa kemajuan positif bagi Kota Gorontalo memantik perhatian besar publik, termasuk dari media nasional seperti Tempo. Marten tampil menjadi narasumber pada acara Tempo TV edisi khusus tokoh pilihan, Jumat (3/9/2022).

Lewat saluran Tempo Tv, Marten berbicara tentang kesan teras negeri Gorontalo. Ia menjelaskan perubahan wajah Kota Gorontalo selama masa jabatannya sebagai Walikota Gorontalo dua periode. Marten menjabat sejak 2014 hingga tahun 2023.

Marten menjelaskan, Kota Gorontalo terus mengalami perkembangan. Dari tahun ke tahun, kemajuan infrastruktur dan fasilias pelayanan publik di Kota Goronalo terlihat di setiap sudut ibu kota hingga ke tingkat kelurahan. Demikian pula dengan sumber daya manusia yang dapat dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Gorontalo yang kian meningkat. Pada tahun 2021, IPM Kota Gorontalo berada pada 77,41 persen.

“IPM kini ini tercatat pertumbuhan rata-rata pertahun sebesar 0,5 persen. Untuk Harapan Lama Sekolah (HLS) di Kota Gorontalo kini diangka 14,50 persen. Dan Angka harapan hidup penduduk pada tahun 2021 naik mencapai 10,37 persen dibanding sebelumnya,” kata Marten.

Terkait pertumbuhan ekonomi, Kota Gorontalo juga bergerak naik dari tahun ke tahun. Meski pada tahun 2020, perekonomian sempat terkendala akibat dilanda pandemi Covid-19, namun situasi itu dapat diatasi dengan baik. Strategi pembangunan yang digerakkan Pemerintah Kota Gorontalo terbukti efektif menjaga perekonomian masyarakat sehingga perekonomian tetap tumbuh ditengah lesunya perekonomian akibat pandemi.

Marten menandaskan pula, efektifitas pembangunan di Kota Gorontalo memberikan dampak baik bagi kesejahteraan masyarakat. Ini dapat dilihat dari angka kemiskinan Kota Gorontalo yang dapat terus ditekan.

“Angka kemiskinan Kota Gorontalo kini 5,59 persen dengan pengeluaran perkapita sebesar 12.390.000 rupiah per tahun. Tentu kita berharap kedepan, program yang kita gerakkan bisa lebih maksimal sehingga kota kita bisa semakin maju dan masyarakatnya sejahterah,” ujar Marten. (*)

Exit mobile version