Jabat Ketua Pengprov PGI Gorontalo, Marten; Ini Arti Istilah di Olahraga Golf untuk Para Pemula

TATIYE.ID (SPORT) – Bukan hanya Golfer pemula, masyarakat umum juga masih kebingungan dengan istilah-istilah di olahraga golf. Nah, oleh Ketua Pengprov Persatuan Golf Indonesia (PGI) Gorontalo, Marten Taha mengatakan setidaknya, pegolf harus memahami 20-an istilah dalam permainan.

Kepada awak media ini, Marten Taha merangkum beberapa istilah-istilah golf bagi pemula lewat glosarium sederhana. Tak hanya teknik, pegolf pemula juga harus mulai berkenalan dengan istilah-istilah dalam olahraga.

“Istilah-istilah golf dekat dengan bahasa inggris, namun tak semuanya bisa diartikan secara harfiah,” ujar Marten Taha, Rabu (31/5/2023).

Tambah Marten, berikut istilah-istilah yang harus diketahui oleh para pegolf pemula. Misalnya, untuk istilah tempat dan peralatan ada istilah Green yang artinya area berumput pendek di sekitar hole. Kemudian Hole atau lubang dalam green, Flag-stick atau bendera indikator, Bunker atau istilah untuk hambatan dalam permainan golf.

“Bunker sendiri memiliki dua tipe, cekungan berisi pasir atau rumput. Selanjutnya Caddie atau istilah untuk orang yang membawakan stik golf dan membantu golfer di lapangan. Kemudian Club atau dikenal umum juga dengan nama stik golf, tongkat untuk memukul bola golf. Club bisa dibangun menggunakan bahan kayu, besi, atau putter,” beber sosok yang juga Walikota dua periode tersebut.

“Ada juga istilah Hosel atau bagian stik golf yang menghubungkan tangkai dan kepala stik. Water hazard atau rintangan di permainan golf berupa aliran air ataupun kolam, dan Divot atau serpihan tanah setelah pukulan,” lanjutnya.

Sedangkan untuk istilah lain dalam olahraga atau permainan golf seperti Handicap: ukuran kemampuan pemain, Par: nilai pada setiap lubang berdasarkan posisi, panjang, dan kesulitan. Birdie: hasil skor satu angka di bawah Par, dalam satu hole. Bogey: hasil skor satu angka di atas Par, dalam satu hole. Dogleg: bentuk lengkungan dalam hole. Umumnya, lengkungan tampak seperti tumit anjing. Double bogey: hasil skor dua pukulan di atas par. Driving area: dikenal dengan golf range. Fasilitas melatih ayunan dan pukulan saat bermain golf jarak pendek. Gros: akumulasi jumlah pukulan di sebuah secara utuh, belum dikurangi nilai handicap. Approach shot: pukulan jarak pendek sampai sedang untuk membawa bola ke area green. Terdapat tiga jenis aproach shot: pitch, flop dan chip. Juga Bunker shot: pukulan yang dilakukan di atas bunker.

“Ada juga istilah yang namanya Chip atau pukulan pendek ke arah green, Chip in: pukulan bola yang berhasil masuk ke lubang bukan dari green. Selanjutnya Fairway shot: pukulan kuat yang dilakukan ketika bola jauh dari hole, Knockdown atau punch: pukulan rendah untuk menghindari pohon, ranting, dahan atau angin yang kuat,” bebernya.

“Terakhir, lima istilah dalam permainan golf lainnya yakni Putting atau memukul bola di atas rumput menggunakan putter atau alat bantu untuk meletakkan bola, Tee shot atau pukulan pertama golfer dalam permainan golf. Ace atau Istilah pukulan sekali pukul masuk lubang, juga disebut “hole in one”. Eagle atau Lubang yang diselesaikan dengan dua pukulan di bawah par. Dan terakhir Albatros atau Lubang yang diselesaikan dengan tiga pukulan di bawah par,” jelasnya. (*)

Exit mobile version