Ini Salah Satu Upaya Pemda Gorut Tekan Angka Kecelakaan Dilaut

TATIYE.ID (GORUT) – Sekertaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara Ridwan Yasin lakukan koordinasi dengan Loka Monitor Spektrum Frekwensi Radio (SFR) Gorontalo Guna menekan angka kecelakaan (laka) dilaut.

“Kedepan kita rencanakan akan bekerja sama dengan loka monitor untuk melakukan sosialisi kepada nelayan. Sekaligus bisa beroleh izin penggunaan alat komunikasi, khusus nelayan di Gorontalo Utara,” kata Ridwan. Senin (16/02/2021)

Ridwan mengatakan salah satu penyebab kecelakaan dilaut yang sering terjadi yaitu belum dilengkapinya komunikasi radio marabahaya.

“Perahu nelayan yang sebagian besar dengan gross tonnage di bawah 30 GT, belum dilengkapi peralatan komunikasi radio marabahaya,” ujarnya.

Sehubungan dengan itu Ridwan juga menjelaskan apabila Nahkoda memiliki sertifikan operator radio tentu itu akan membantu nelayan ketika sedang melaut.

“Apabila nahkoda memiliki sertifikat operator radio dan mengerti cara berkomunikasi marabahaya. Serta menggunakan perangkat radio yang bekerja, pada frekuensi tentu akan membantu nelayan ketika sedang melaut”. Pungkasnya. (*)

Exit mobile version