Ini Pesan Wali Kota Gorontalo Pada Pencanangan HUT Kemerdekaan RI

TATIYE.ID (KOTA GORONTALO) – Berbeda dengan pelaksanaan perayaan HUT kemerdekaan RI tahun-tahun sebelumnya, tahun ini lebih semarak dari yang kita laksanakan dua tahun terakhir ini karena 2 tahun terakhir.

“Tahun ini perayaan HUT proklamasi di kota Gorontalo cukup berbeda, tadi nya dua tahun terakhir kita tidak bisa laksanakan dengan semangat karena memang kita dalam situasi pandemi covid 19. Di Tahun 2022 ini kita laksanakan dengan rangkaian berbagai kegiatan, da hari ini saya canangkan dan tema yang diusung adalah pulih lebih cepat dan bangkit makin lebih kuat. Artinya apa pemulihan ekonomi dan rasa patriotisme nasionalisme untuk bangkit dari keterpurukan ini ini menjadi komitmen kita bersama,” kata Marten Taha, Senin (1/08/2022).

Sehingga seluruh Indonesia diminta bagaimana supaya daerah-daerah menyemarakkan kegiatan dengan mengedepankan tiga hal, pertama rasa nasionalisme dan patriotisme itu dengan menunjukkan kesetiaan kepada NKRI selama 1 bulan penuh kita mencanangkan pemasangan bendera di seluruh wilayah kota Gorontalo rumah-rumah instansi pemerintah swasta gedung-gedung dan di berbagai tempat.

“yang kedua memperkuat rasa nasionalisme dan patriotisme dan wawasan kebangsaan seluruh ASN diwajibkan untuk memakai pin merah putih pada saat bekerja selama 1 bulan penuh mulai hari ini sampai dengan tanggal 31 Agustus,” ujarnya.

Kemudian tambah Marten, ada namanya juga Bela UMKM, jadi dalam rangka memulihkan ekonomi diberdayakan UMKM dan meminta seluruh warga masyarakat untuk membelanjakan kebutuhannya itu melalui UMKM. Selanjutnya Bela pengadaan pembelanjaan langsung pengadaan, jadi dengan konsep belanja langsung pengadaan tidak ada lagi apa namanya pengadaan-pengadaan yang bermasalah karena sudah memakai aplikasi Bela belanja pengadaan atau belanja langsung pengadaan.

“misalnya begini, kita bikin acara kegiatan jadi kita bekerja sama dengan seluruh UMKM pengadaan makanan minuman dan lain sebagainya jadi tinggal melalui mereka langsung diadakan tanpa ada transaksi secara tunai, jadi langsung non tunai,” bebernya.

Jadi Bela patriotisme, Bela UMKM dan bela negara yang hari ini pencanangannya ditandai dengan kegiatan upacara, kemudian jalan sehat, dan berbagai kegiatan olahraga rakyat olahraganya.

“Saya minta seluruh opd masing-masing secara mandiri menyelenggarakan pilih saja Olahraga apa yang mereka senangi dan juga masyarakat di tingkat kecamatan dan kelurahan dilaksanakan secara mandiri terutama olahraga-olahraga rakyat untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat permainan rakyat sehingga makin lebih marak di tingkat kelurahan dan kecamatan di bulan Agustus 2020,” jelasnya. (*)

Exit mobile version