Ini Penyampaian Marten Taha Saat Buka Bimtek Pemeriksaan Pajak dan Retribusi Daerah

TATIYE.ID (KOTA GORONTALO) – Realisasi setoran pajak dan retribusi yang masih minim dan belum mencapai target hingga 31 Oktober 2022 membuat Wali Kota Gorontalo, Marten Taha mengambil langkah intensif, terutama meningkatkan kualitas SDM pengelola keuangan, mendorong pelaku UMKM hingga peningkatan layanan online Pemungutan Pajak.

Dari fakta yang terkuak pada kegiatan Bimtek Pemeriksaan Pajak Daerah dan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Gorontalo, Selasa (15/11/2022) tercatat setoran pajak dan retribusi daerah Kota Gorontalo, masih minim. Hingga 31 Oktober 2022, dari target Rp269 juta lebih, realisasinya Rp 162 juta lebih atau 60,52 persen. Sementara untuk retribusi daerah dari target Rp43 juta lebih, sampai dengan 31 Oktober 2022 realisasinya baru mencapai Rp27 juta lebih atau 63.53 persen.

“Dari laporan yang ada, realisasi ini belum memenuhi apa yang telah ditargetkan. Tapi perlu dipahami bahwa, dengan kondisi akibat kelesuan ekonomi, memberikan pengaruh terhadap hampir seluruh sektor ekonomi masyarakat dan pemerintah,” kata Marten Taha.

“Olehnya kita mulai gencar menerapkan Mekanisme online system, sebagai wujud kemudahan para pelaku usaha atau wajib pajak dan retribusi dalam melakukan pelaporan dan penyetoran pajak tanpa harus datang ke tempat pelayanan pajak daerah,” lanjutnya.

Tambah Wali Kota dua periode tersebut, pemerintah Kota Gorontalo merasa perlu untuk melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap hasil-hasil pemungutan pajak dan retribusi daerah ini. Hal ini karena masih banyaknya wajib pajak dan retribusi yang belum bahkan tidak patuh dengan kewajiban pembayaran pajak ini.

“Selain itu tentu, pemutakhiran data juga penting dilakukan pemerintah daerah terhadap seluruh tanah dan bangunan yang ada di Kota Gorontalo. Saya berharap, bimtek yang diikuti seluruh tenaga kerja dari Badang Pengelolaan Keuangan Kota Gorontalo ini, dapat memaksimalkan kinerja dalam pengelolaan pajak dan retribusi daerah,” ta,bahnya. (*)

Exit mobile version