Ini Penyakit Kata dr. Medi Wajib Diwaspadai Atlet Selama PON di Papua

TATIYE.ID (SPORT) – Dokter tim atau kontingen PON Provinsi Gorontalo menekankan kepada seluruh atlet, pelatih dan official untuk mewaspadai dua penyakit yang rentan selama berada di Papua.

Dua tim kesehatan kontingen Provinsi Gorontalo yaitu Dr. Medi Sarita, M.kes dan Wayhu Cahyo Widodo. Nantinya dari dua tim medis yang terdiri dari dokter dan satu tenaga Fsiko Terapis akan menangani Atlet, Pelatih dan Official selama mengikuti Pekan Olahraga Nasional(PON) Ke-XX 2021 di Provinsi Papua.

Kata dr. Medi Sarita, faktor kesehatan salah satu sektor terpenting bagi atlet guna menunjang kesuksesan mengikuti pertandingan. Ia menjelaskan selain mencegah Covid-19, mengingat Provinsi Papua merupakan daerah endemis sehingga penyakit Malaria, dan infeksi saluran pernapasan harus menjadi perhatian utama.

“ketahanan fisik harus sangat dijaga karena disini daerah endemik, karena jika menurun maka dihawatirkan akan mudah masuk kedalam tubuh, mengatasi hal perlu meningkatkan porsi latihan menjaga pola makan dan ini juga harus disesuaikan dengan jenis cabor,” tuturnya.

Pengalaman dr. Medi Sarita dalam menangani tim PON Gorontalo juga sudah cukup lama yakni mulai tahun 2008, 2012 dan tahun 2016 ini mengatakan seluruh kebutuhan obat-obatan atlet sudah disediakan termasuk vitamin dan pelayanan dilakukan 1×24 jam. (*)

Exit mobile version