Ini Kata KPU Kota Gorontalo Terkait Tahapan Penetapan DCT

TATIYE.ID (POLITIK) – Pencermatan rancangan Daftar Calon Tetap (DCT) oleh partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 menjadi tahapan selanjutnya yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo saat ini.

“Jadi tahapan di KPU sekarang ini setelah penetapan di DCS kemarin, kita masuk ke tahapan yang kedua yakni penetapan DCT. Itu waktunya dari tanggal 24 September kemarin dan akan berakhir nanti pada tanggal 3 November 2023,” kata Ketua KPU Kota Gorontalo, Muhammad Fadly Thaib, Selasa (3/10/2023).

“Pengumumannya sehari setelahnya atau tanggal 4 November 2023. Parpol sampai tanggal 3 Oktober hari ini (masa pencermatan) masih dapat mengajukan dokumen perbaikan atau perubahan bakal calon,” lanjutnya.

Selama masa pencermatan DCT, ada beberapa tahapan yang akan dilakukan oleh KPU. Pertama Verifikasi administrasi dokumen persyaratan calon sementara hasil pencermatan rancangan DCT itu dari tanggal 4 oktober sampai 18 oktober 2023.

“Setelah tahapan selesai, pada tanggal 24 Oktober hingga 2 November 2023, KPU Kota Gorontalo akan melakukan penyusunan DCT. Dan akan dilakukan penetapan yakni pada tanggal 3 November 2023, kemudian KPU akan mengumumkan hasil DCT pada besoknya 4 November 2023,” ungkapnya.

Sebagai informasi terkini seperti yang disampaikan Ketua KPU Kota Gorontalo, baru 5 peserta Partai Politik yang mengajukan perbaikan. Kelimanya yakni PDIP, Partai Buruh, PKB, Demokrat, dan Partai Nasdem. (*)

Exit mobile version