Ini Dia Fakta-fakta Menarik Karir Politik Rusli Habibie di Partai Golkar

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie

TATIYE.ID (GORONTALO) – Rusli Habibie adalah Gubernur dua periode di Provinsi Gorontalo. Kader terbaik Partai Golkar ini menjadi satu-satu Gubernur yang dibanjiri ‘julukan’ dari rakyatnya. Mulai dari ‘Bapak Pembangunan Gorontalo’ hingga ‘Gubernur 5000’ disematkan kepada dirinya.

Pria kelahiran Gorontalo, 06 Juni 1963 yang akrab disapa RH (Rusli Habibie) pun banyak menghabiskan waktunya untuk berada di tengah – tengah masyarakat.

Berikut fakta menarik dari Gubernur Rusli Habibie:

1. Bupati pertama di Kabupaten Gorontalo Utara. Pada tahun 2008, dirinya terpilih bersama pasangannya Indra Yasin. Saat itu, Rusli Habibie merupakan Bendahara DPD Partai Golkar Provinsi Gorontalo yang dicalonkan oleh Partai Golkar untuk bertarung di daerah yang baru pertama kali melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah.

2. Gubernur Gorontalo. Pada tahun 2011, Rusli Habibie terpilih menjadi Gubernur Gorontalo periode 2012-207. Bukan sesuatu yang mudah saat itu karena Rusli Habibie yang dijagokan Golkar harus berhadapan dengan pasangan petahana. Kesolidan dan kerja keras para kader dan simpatisan berhasil mengantarkan Rusli Habibie sebagai Gubernur Gorontalo.

Perlu diingat, dua tahun sebelum mencalonkan, Rusli Habibie sudah mengambil alih posisi Ketua DPD Partai Golkar dan sudah mensosialisasikan dirinya maju sebagai Calon Gubernur selama dua tahun dengan rajin berkunjung ke seluruh daerah yang ada di Provinsi Gorontalo.

3. Gubernur Gorontalo periode 2017-2022. Tak semudah yang dibayangkan oleh banyak orang bahwa menjadi petahana menjadi jaminan akan memenangkan pertarungan dengan mudah. Rusli Habibie “dikepung” oleh lawan – lawan politiknya, bahkan isu pencoretan, pembatalan dan pemberhentian kencang terdengar karena saat itu dirinya berstatus terpidana percobaan.

Luar biasa, Rusli Habibie berhasil melewati ‘jalan terjal’ di DPR RI, memenangkan Pemilihan Gubernur, hingga sampai ke Mahkamah Konstitusi. Atas dasar itu, banyak politisi yang mengatakan bahwa untuk mengalahkan Golkar dan menguasai Gorontalo harus bisa mengalahkan Rusli Habibie.

4. Tiga periode memimpin Partai Golkar. Beberapa kader sempat meragukan Rusli Habibie akan mendapatkan diskresi dari Ketua Umum DPP Partai Golkar untuk maju ketiga kalinya sebagai Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Gorontalo.

Sekali lagi, Rusli Habibie membuktikan kehebatannya, diskresi itu tidak banyak yang tahu sudah ada di tangannya jauh hari sebelum Musyarawarah Daerah dilaksanakan.

Ada yang berpendapat, jika Golkar masih terdapat huruf ‘R’ di belakangnya, Rusli Habibie masih memiliki pengaruh besar di Partai Golkar. (*)

Exit mobile version