Ini Beberapa Inovasi Pemerintahan SMS Tingkatkan Kualitas SDM di Pohuwato

TATIYE.ID (POHUWATO) – Pemerintahan Bupati Saipul Mbuinga dan Wakil Bupati Suharsi Igirisa (SMS) tampaknya memberi atensi lebih untuk memajukan kualitas mutu SDM yang ada di Kabupaten Pohuwato, Kamis (17/06/2021).

Terhitung sejak dilantik pada Februari hingga saat ini, pemerintahan SMS telah banyak melakukan inovasi dalam bidang peningkatan mutu SDM dalam beberapa sektor.

Nah, berikut kami rangkum beberapa program peningkatan mutu SDM yang telah dilakukan sampai saat ini oleh pemerintahan Kabupaten Pohuwato dibawah pimpinan Bupati Saipul Mbuinga.

Pertama, Bupati Saipul bersama Wabup Suharsi mengunjungi Universitas Tadulako dalam rangka penandatanganan MoU lanjutan untuk program mahasiswa kedokteran.

Kedua, 22 perawat RSUD Bumi Panua diutus ikuti pelatihan keperawatan intensive (ICU) dasar angkatan 3 Himpunan Perawat Critical Care Indonesia (HIPERCCI) Gorontalo.

Ketiga, menggelar pelatihan untuk para bidan bertajuk Midwifey Update (MU) angkatan I yang diselenggarakan oleh Ikatan Bidang Indonesia (IBI) Kabupaten Pohuwato.

Keempat, menggelar latihan pencegahan dan mitigasi bencana kepada pegawai dan relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pohuwato.

Kelima, melaksanakan kegiatan temu teknik peneliti-penyuluh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Gorontalo dengan penyuluh di daerah Kabupaten Pohuwato.

Keenam, pelatihan penangkaran benih padi sawah binaan PT. Gorontalo Sejahtera Mining (GSM) bagi petani di wilayah Buntulia.

Ketujuh, mengunjungi Universitas Terbuka untuk melakukan MoU dalam rangka peningkatan kapasitas SDM Guru, juga aparatur yang ada di Kabupaten Pohuwato.

Kedelapan, melaksanakan MoU dengan Kementerian Agama Kabupaten Pohuwato dalam program berantas buta huruf alquran atau Korpri mengaji.

Kesembilan, peluncuran dan bimtek Aplikasi Sistem Informasi SIMDIK (Sitem Informasi Pendidikan) untuk mendorong tenaga pendidik yang profesional berbasis IT, dan mempermudah akses serta penyajian data sekolah dan Dinas Pendidikan.

Kesepuluh, pertemuan advokasi lintas sektor dalam mendorong implementasi GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) di Kabupaten Pohuwato.

Kesebelas, Penguatan kelembagaan lewat pelatihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Popayato yang digelar oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD).

Tidak salah memang, sebab dalam visi misi SMS program peningkatan kualitas SDM di Pohuwato menjadi salah satu instrumen untuk mencapai pemerintahan yang Sehat Maju Sejahtera.

Exit mobile version