Idris Rahim Perjuangkan Pembangunan BLK Komunitas Pesantren

TATIYE.ID (GORONTALO) – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim memanfaatkan pertemuan dengan Direktur Jenderal Pembinaan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Budi Hartawan untuk memperjuangkan bantuan pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas pesantren.

“Alhamdulillah ada peluang pesantren di Gorontalo memperoleh bantuan pembangunan BLK. Kita diminta untuk segera mengajukan proposalnya,” kata Idris saat diwawancarai usai penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan penyerahan kopian sertifikat lahan pembangunan BLK di ruang kerja Wagub Gorontalo, Senin (21/6/2021).

Kemenaker mengalokasikan anggaran pembangunan BLK Komunitas pesantren sebesar Rp1 miliar. Anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan gedung BLK sebesar Rp500 juta, dan Rp500 juta untuk peralatan.

“Syaratnya, tanah untuk pembangunan BLK harus milik sendiri dengan luas minimal 280 meter persegi. Insya Allah ini bisa kita penuhi untuk beberapa pesantren di Gorontalo,” ujar Wagub.

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Gorontalo, Dirjen Pembinaan Vokasi dan Produktivitas Kemenaker bersama Wagub Idris Rahim dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah meninjau lahan pembangunan BLK Gorontalo. Kemenaker akan segera merealisasikan pembangunan BLK Gorontalo yang akan dimulai pada bulan Juli 2021.

Wagub juga mengajak Dirjen Pembinaan Vokasi dan Produktivitas Kemenaker untuk melihat langsung aktivitas di laboratorium Politeknik Gorontalo (Poligon). Idris berharap Poligon bisa menjadi mitra Kemenaker khususnya untuk pemanfaatan laboratorium.

“Jika BLK Gorontalo sudah berfungsi, Kemenaker akan bekerja sama dengan Poligon untuk penggunaan laboratorium,” tandasnya. (Adv)

Exit mobile version