Idah Syahidah Tanamkan Semangat Kebangsaan ke Siswa SMKN Model Gorontalo

TATIYE.ID (KOTA GORONTALO) – Anggota MPR RI Dapil Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie membangkitkan semangat kebangsaan kepada para siswa SMKN Model Gorontalo, melalui Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR RI, pada Selasa (20/9/2022).


Menurut Idah, usia sekolah seperti ini adalah masanya untuk terus menerus diingatkan tentang sila-sila dan nilai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Repubik Indonesia (NKRI). Sebab hal ini, akan berpengaruh terhadap cara pandang perilaku mereka di masa depannya.


“Kita ingat saat masih duduk di bangku SD, setiap upacara bendera, selalu dibacakan naskah proklamasi dan Pancasila. Semua peserta upacara mengikuti, sehingga semua bisa hapal. Karenanya di jenjang Pendidikan menengah pertama dan atas, penting untuk kembali diajarkan hal-hal seperti itu,” kata Idah saat sambutan di Sosialisas 4 Pilar di SMKN Model Gorontalo, Bone Bolango.


Kepada para siswa, srikandi Partai Golkar Provinsi Gorontalo ini mengatakan, sudah menjadi tugas anggota parlemen memberikan sosialisasi 4 Pilar kepada masyarakatnya di Daerah Pemilihan masing-masing. Kegiatan Bersama para siswa ini menjadi salah satu contohnya, apa yang dilakukan anggota Parlemen.


Ia pun dalam beberapa kesempatan Sosialisasi 4 Pilar, memilih untuk bertemu dengan anak-anak muda baik duduk di tingkat menengah pertama dan atas. Pasalnya penting bagi mereka untuk diingatkan kembali, juga mengetahui lebih dalam tentang konsep Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.


“Ini penting, karena di usia remaja ini adalah masa pencarian jati diri dan pemenuhan rasa ingin tahu. Kalau sudah dibentengi lebih dlu, tentu mereka tidak akan mudah dipengaruhi oleh pemahaman lain yang tidak sejalan dengan nilai-nila Pancasila,” tutur Idah Syahidah.


Hal senada dikatakan oleh Ketua Karang Taruna Provinsi Gorontalo, Susanto Liputo. Menurutnya, perlu cara yang efektif dalam mengingatkan Kembali nilai-nilai Pancasila dan Keindonesiaan.


“Saya coba buat permainan dalam kegiatan ini, agar adik-adik pelajar ini, bisa dengan riang gembira mengucapkan pemahamannya tentang Pancasila. Dan tepat, mereka kemudian dengan riang mengucapkan nilai dan sila Pancasila tersebut. Serta bisa memahami Kembali pentingnya untuk menjaga persaudaraan dan kesatuan di dalam sekolah,” kata Susanto, yang juga menjadi salah satu pembicara di Sosialisasi 4 Pilar.

Exit mobile version