Idah Syahidah Dorong Peran Kyai Cegah Bunuh Diri di Gorontalo

Tatiye.id – Srikandi Golkar Provinsi Gorontalo yang kini duduk di Komisi VIII DPR RI Idah Syahidah Rusli Habibie terus bergerak menggandeng seluruh tokoh masyarakat dan pemuka agama untuk mencegah aksi bunuh diri.

Kali ini Ketua Tim Penggerak PKK periode 2012-2022 tersebut mengajak para Kyai dan Ustadz di wilayah Kabupaten Bone Bolango untuk terus mencegah aksi bunuh diri melalui ceramah agama.

“Angka bunuh diri di Provinsi Gorontalo sudah sangat tinggi, olehnya peran kita pemerintah dan tokoh agama harus lebih intens” ucap Idah Syahidah pada kegiatan Ngobrol Pendidikan Islam (Ngopi) yang digelar di mess haji Kota Gorontalo, Sabtu (22/7/2023).

Idah Syahidah juga meminta kepada para pemuka agama untuk mengubah persepsi, penjelasan seputar kesehatan mental dan pencegahan bunuh diri dapat dimasukkan ke dalam khutbah agama seperti pengajian di masjid

“Agama dan tokoh agama punya peranan penting dalam mengubah cara pandang masyarakat terkait dengan masalah kejiwaan,” kata Idah Syahidah

Di sisi lain, para tokoh agama juga harus mendapatkan pengetahuan ilmiah terkait kesehatan mental agar ilmu terkait kesehatan jiwa bisa sesuai dengan pemahaman teks keagamaan, menghasilkan pemahaman baru dan positif terkait kesehatan mental.

“Saya harap dengan penjelasan saintifik, tokoh agama bisa mendorong baik kepada keluarga, masyarakat, dan juga pemerintah untuk lebih aware soal kesehatan jiwa atau mental,” tandasnya.

Exit mobile version