Idah Hadiri Launching Desa Wisata Bandung Rejo, Bukti Gorontalo Hargai Budaya Nusantara

Tatiye.id – Anggota Komisi VIII DPR RI Idah Syahidah Rusli Habibie menghadiri Launching Desa Wisata Bandungrejo Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo, Minggu (23/7/2023).

Menurutnya sebelum terbentuknya Provinsi Gorontalo budaya Sunda yang telah hadir dan berkembang dengan baik di bumi hulonthalo dibawa oleh masyarakat Sunda itu sendiri.

Ia pun mengatakan bahwa ini menunjukkan Gorontalo adalah sebuah provinsi yang menghormati dan menghargai seluruh kebudayaan Nusantara.

“Gorontalo adalah provinsi yang paling menghormati kebudayaan nusantara,” ungkap Srikandi Golkar tersebut.

Lebih lanjut dirinya menuturkan keberagaman kebudayaan bisa dilihat seiring berkembangnya Provinsi Gorontalo dimana budaya Sunda turut mewarnai ragam kebudayaan di wilayah Gorontalo.

“Saat ini kita sama-sama melaunching
desa wisata yang berada di Desa Bandung Rejo Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo,” tuturnya.

Kebudayaan Sunda yang biasanya kita lihat melalui media, kini bisa kita lihat secara langsung di desa wisata.

“Kesenian Sunda seperti angklung, wayang golek, kecapi, suling, berbagai kuliner khas Sunda dan lain sebagainya tidak perlu kita datang ke Bandung tetapi cukup datang di Boliyohuto,” terangnya.

Hadirnya desa wisata Sunda Bandung Rejo ini, akan semakin menjadi pengobat rindu masyarakat Sunda di perantauan khususnya di Gorontalo.

Tidak hanya itu, desa wisata Bandung Rejo ini juga menguatkan nilai seni budaya dan kebangsaan sebagai alat pemersatu bangsa.

Exit mobile version