HUT ke-20, Bupati Saipul Mbuinga Ziarahi Makam Tokoh-Tokoh Pemekaran Pohuwato

TATIYE.ID (POHUWATO) – Bupati Pohuwato Saipul A. Mbuinga bersama Sekda Iskandar Datau, para asisten dan pimpinan OPD melakukan ziarah kubur di sejumlah makam tokoh pendiri Kabupaten Pohuwato, Jum’at, (24/02/2023).

Bupati Saipul terlihat ke makam para tokoh pejuang yang punya sejarah besar dalam proses pembentukan kabupaten pohuwato diawali dari Alm H. Uns Mbuinga di pekuburan keluarga Desa Marisa Selatan Kecamatan Marisa, kemudian Alm H. Hamdan Bin Sanad di Desa Buntulia Selatan Kecamatan Duhiadaa dan Alm H. Delbar Khan di Desa Marisa Utara Kecamatan Marisa.

Saipul mengatakan bahwa ziarah kubur ini merupakan tradisi rutin tahunan bagian dari rangkaian hari ulang tahun Pohuwato yang biasanya dilakukan sehari menjelang rapat paripurna istimewa. “Saat ini kita hanya mengambil sekian dari banyaknya para pejuang yang berjasa dalam pemekaran Pohuwato menjadi daerah definitif. Dimana hari ini kami hanya mengambil 3 makam dari sekian para pejuang Pohuwato,” kata Saipul.

Selanjutnya, untuk tokoh-tokoh yang lainnya didoakan saat ziarah. Ini merupakan satu penghormatan dan penghargaan bagi kita semua untuk dapat mengenang jasa-jasa perjuangan mereka. Ziarah ini rutin dilakukan setiap tahun agar kita semua dapat mengingat betapa besar sumbangsih dan perjuangan mereka (pejuang) terhadap kabupaten pohuwato baik yang sudah meninggal maupun yang masih hidup.

Bupati Saipul menjelaskan, ziarah kubur tersebut juga adalah bentuk penghormatan dan penghargaan atas perjuangan yang telah dilakukan para tokoh-tokoh besar Pohuwato terhadap daerah ini yang Alhamdulillah pada tahun 2023 ini menjadi HUT ke-20 Kabupaten Pohuwato.

”Terima kasih banyak atas penerimaannya, karena pihak keluarga telah menerima pemerintah daerah yang melakukan ziarah ke makam pejuang daerah ini. Kita berdoa, insyaallah amal baik dari mereka para pejuang Pohuwato yang mendahului kita bisa diterima oleh Allah SWT, diterangi dan dilapangkan kuburannya,” tutupnya.

Exit mobile version