Hadiri Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Kabila, Komisioner KPU Bonebol Sosialisasi Pemilih Pemula

Tatiye Channel (Bonebol) – Dalam rangka Menyambut Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) Kab Bone Bolango 2020. Sebagai Bentuk Komitmen untuk lebih Proaktif dalam hal Mensosialisasikan Pilkada Serentak maka KPU Bone Bolango  Sudah memulai tahapan sosialisasi dari sekarang mengingat lounching Pilkada serentak Sudah dilaksanakan Tanggal 23 September kemarin. 

Sosialisasi ini pula baru sebatas menyampaikan bahwa Bone Bolango akan melaksanakan Pilkada di 2020 Khususnya kepada Pemilih Pemula dikalangan siswa sekolah. 

Kehadiran KPU Bonebol Dalam ajang Pemilihan Ketua Osis SMA N. 1 Kabila Pada Rabu (09/10/19).  sekaligus Memberikan Sosialisasi Kepada Pemilih Pemula dalam rangka Menyambut Pilkada Bone Bolango Yang tidak akan lama lagi. 

Komisioner KPU Bone Bolango Sutenty Lamuhu, SE. Ketika dihubungi Oleh Awak media Tatiye Channel Mengatakan, Proses pelaksanaan Demokrasi di Tingkatan Sekolah Menengah Atas (SMA) ini sudah bagus Hanya ada beberapa masukan yang Perlu disampaikan terkait Proses Pemilihan.

“Melalui Wakasek Kesiswaan Kami sudah Sampaikan bahwa Secara keseluruhan sudah bagus, mereka sudah menerapkan sebagian aturan main terkait proses Pemilu. jika memungkinkan untuk kedepan proses pemilihan itu dibuat layaknya miniatur proses pemilu secara utuh, dimana utk perangkat PEMILU bukan hanya KPPSnya yg direkrut tetapi juga pengawas sampai dengan DKPPnya. 

Tadi kami sarankan Kedepan perlu juga dibentuk panitia pengawas yang bisa diambil dari MPK dan untuk DKPP yang akan mengawasi kedua penyelenggara yakni KPPS dan Panitia Pengawas bisa melibatkan guru BK, Selanjutnya kalau berdasarkan hasil wawancara kami dengan wakasek kesiswaan, memang proses pemilihan ini juga belum menerapkan syarat minimal dukungan bagi calon yang akan dipilih, ini kiranya perlu utk bisa dimasukan kedalam persyaratan sebagaimana aturan terkait pemilu. Sehingga mereka bukan hanya sekedar mengetahui proses pemungutan saja tapi mereka bisa mengetahui bahwa dalam proses pemilu itu ada juga perangkat maupun tahapan yg harus dilalui. Dan ini sangat bagus sebagai bentuk pembelajaran demokrasi bagi siswa siswi yg juga  notabene sebagai pemilih pemula dan calon pemilih untuk periode pesta demokrasi selanjutnya.” Papar Sutenty” 

Pewarta : Moh. Jufriyanto Ika

Exit mobile version