Hadapi Tuan Rumah PON, SDM Cabor di Gorontalo Makin Berkualitas

TATIYE.ID (SPORT) – Perkembangan olahraga di Gorontalo pada umumnya terus mengalami peningkatan khususnya kualitas sumber daya manusianya (SDM). Bukan hanya atlet berprestasi, saat ini SDM wasit dan juri cabang olahraga (Cabor) di Gorontalo sudah banyak yang mumpuni bahkan mengantongi lisensi nasional bahkan di Asia.

Jika sebelumnya diberitakan tatiye.id akan bermunculannya pelatih sepakbola yang ternyata sudah cukup banyak yang mengantongi lisensi baik nasional dan Asia. Hal senada juga ternyata terjadi di cabor unggulan Gorontalo, sepaktakraw.

Informasi yang diperoleh tatiye.id, dua pelatih sepaktakraw Gorontalo, Herson A. Taha dan Noldi Husain kini resmi mengantongi lisensi Asia pelatih sepaktakraw. Keduanya usai PON XX Papua kabarnya ikut ambil bagian pada Asean Sepaktakraw Coaching Course yang dilaksanakan Asean Sepak Takraw Federation (ASTAF) pada 27 hingga 31 Maret 2021 dan berhasil lulus dengan predikat terbaik.

“Alhamdulillah keberhasilan ini berkat doa dukungan semua pihak, baik keluarga, tim sepaktakarw Gorontalo, Pengprov PSTI Gorontalo, KONI Provinsi Gorontalo dan tidak lupa Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo yang terus mensupport kami berdua hingga bisa sampai pada titik ini,” kata Herson Taha, Sabtu (26/03/2022).

Predikat nasional A juga diraih Muin Sakali sebagai wasit juri binaraga yang diperolehnya belum lama ini. Seperti diketahui, selain sebagai pengurus binaraga Gorontalo, kiprah Muin Sakali juga pernah terjadi di cabang olahraga tinju.

“Alhamdulillah dengan lisensi juri nasional A ini saya berharap bisa berbuat banyak bagi Gorontalo dari cabang olahraga binaraga. Dan semoga juga kedepan akan lahir juri-juri binaraga muda dari Gorontalo,” jawabnya singkat. (*)

Exit mobile version