Gubernur Canangkan PPKM Skala Mikro di Paguat Pohuwato

TATIYE.ID (POHUWATO) – Gubernur Provinsi Gorontalo, Rusli Habibie mencanangkan Kecamatan Paguat sebagai tempat pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro di Kabupaten Pohuwato, Selasa (01/06).

Pencananganan PPKM yang dirangkaikan dengan vaksinasi lansia di puskesmas Paguat tersebut, dihadiri Anggota DPR RI, Ny, Idah Sahidah Rusli Habibie, Bupati Saipul A. Mbuinga, Wabup, Suharsi Igirisa, Dandim 1313 Pohuwato, Wakapolres Pohuwato, Penjabat Sekda Pohuwato, Iswanta, SE., Ak.

Dalam sambutannya, Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie mengatakan, akibat dari virus corona sudah banyak yang meninggal. Penambahan kasus covid-19 dari hari ke hari makin banyak termasuk di wilayah Pohuwato.

“Gorontalo saat ini masuk zona merah, sehingga diminta diterapkan PPKM berbasis mikro, sehingga untuk Kabupaten Pohuwato dicanangkan di Kecamatan Paguat, yang mulai tanggal 1 Juni bertepatan dengan hari lahir Pancasila kita diwajibkan menerapkan PPKM termasuk di Gorontalo,” terang Rusli.

Selain itu, Gubernur Rusli juga mengatakan jika vaksin covid jatah Kabupaten Pohuwato sudah dikirm, dan menerangkan tentang pentingnya kegunaan dari vaksin Covid dan menjaga pola hidup sehat serta social distance dan program 5M.

“Kenapa harus di vaksin? agar kita bisa bertahan atau daya tahan tubuh kita ada. Tapi tidak meyakinkan bahwa sudah di vaksin bisa kena covid dan meninggal. Kuncinya harus tetap ingat 5M memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan serta kesadaran dari masyarakat sangat diharapkan,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Saipul Mbuinga melaporkan, dari total jumlah penduduk P8huwato kurang lebih 146.430 jiwa yang telah beroleh vaksin untuk pelayanan publik dari total target 7 ribu orang terealisasi 6.926 orang atau 98,94 persen.

“Untuk sasaran masyarakat umum 101.241 orang realisasi 62 orang termasuk lansia yang ada di dalamnya yakni baru berkisar pada 0,06 persen, untuk kasus covid di sampai dengan tanggal (31/05) kemarin, positif 4 orang, sembuh 303 orang, meninggal 6 orang,” imbuhnya

“Saat ini kami hadirkan para lansia yang akan mengikuti vaksinasi, dan kegiatan vaksinas lansia akan ditindaklanjuti di semua fasilitas kesehatan yang ada di semua kecamatan dan juga rumah sakit Pohuwato”,jelas Bupati.

Bupati Saipul juga menambahkan bahwa untuk mendukung PPKM berbasis mikro di Pohuwato ini, Pemda akan terus mengoordinasikan dengan semua elemen yang terkait di dalamnya.

“Kita akan terus berkoordinasi dengan OPD terkait, satgas covid-19 kabupaten, juga dukungan penuh para camat, kades dan lurah serta unsur TNI dan Polri, dengan tetap menjaga stabilitas ekonomi masyarakat berjalan normal dengan pengetatan protokol kesehatan,” tutup Bupati.

Exit mobile version