Gorontalo Siapkan ‘Patumbu’ ke FORNAS 2022

TATIYE.ID (SPORTS) – Kekayaan budaya yang berlimpah membuat Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo terus menggali sekaligus memperkenalkan kembali kebudayaan asli Gorontalo yang terpendam seperti halnya olahraga tradisional, Patumbu.

Ya, olahraga tradisional yang sejatinya dimainkan leluhur Gorontalo semalam jelang panen kelapa tersebut kini kembali dimunculkan sekaligus menjadi andalan Gorontalo dipentas Festival Olahraga Tradisional (FORNAS) tahun 2022 di Solo, Jawa Tengah.

“Jadi hari ini saya melihat langsung persiapan olahraga tradisional yakni Patumbu yang nanti akan kita tampilkan di FORNAS 2022 di Solo akhir bulan Agustus ini,” ujar sekertaris Dikbudpora Provinsi Gorontalo, Hifni Tegela usai meninjau latihan tim FORNAS Gorontalo di lapangan ippot Tapa, Senin (22/08/2022).

Hifni juga menuturkan, dengan terus digalinya berbagai budaya dan olahraga tradisional ini, diharapkan akan lebih dikenal dan dicintai anak-anak, kedepan juga dapat kembali dimainkan generasi muda Gorontalo kedepannya.

“kedepan harapannya tentu olahraga tradisional ini akan lebih diminati oleh masyarakat kita, terutama di era modernisasi saat ini,” ujarnya.

“Kita membutuhkan apa yang namanya semangat dari generasi muda untuk lebih memperkenalkan sekaligus lebih mencintai lagi olahraga tradisional yang ada di provinsi Gorontalo,” tambahnya.

Sementara itu koordinator tim FORNAS Gorontalo, Fredy Iksan menjelaskan, nanti kontingen Gorontalo akan bertolak ke Solo pada tanggal 26 Agustus 2022 dengan jumlah personil sekitar 20 orang, termasuk atlet, pelatih dan pendamping.

“Kita rencananya berangkat tanggal 26 Agustus, namun sebelumnya kita akan gladi terakhir persiapan pada Selasa malam pekan ini. Untuk jumlah kontingen, diperkirakan sekitar 20 orang termasuk atlet atau pelaku Patumbu, pengiring music tradisional, pelatih hingga pendamping,” jelasnya. (*)

Exit mobile version