Gorontalo Karnaval Karawo 2022 Resmi Dimulai

TATIYE.ID (GORONTALO) – Pelaksanaan Gorontalo Karnaval Karawo tahun 2022 telah dimulai. Peresmian salah satu kegiatan Kharisma Event Nasional (KEN) ini ditandai dengan launching Gorontalo Karnaval Karawo 2022 Road to Unesco – Karawo Intangible World Herritage bertempat di Gedung GPCC Kota Gorontalo, Senin (6/6/2022).

Kegiatan yang mengusung tema “Karawo Inspiring Sulawesi ini dibuka langsung oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer dan dihadiri Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Birokrasi dan Regulasi, Kurlina Ukar, Sekdaprov Gorontalo, Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo selaku penyelenggara menyampaikan, karnaval karawo merupakan salah satu kegiatan yang termasuk dalam 110 Top Event Nasional yang diikuti oleh Provinsi, Kabupaten/Kota se-regional sulawesi, lembaga perbankan, instansi vertikal, dan pelaku usaha. Sedangkan Kharisma Event Nasional sendiri merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendorong kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia. 

Selain Festival Karawo ada dua kegiatan lainnya yang masuk dalam KEN 2022 yakni Festival Pulau Saronde dan Festival Danau Limboto.

“Kami ingin Gorontalo karnaval karawo ini menjadi momentum untuk terus mendorong, mendukung dan menyosialisasikan karawo serta momentum bagi pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bangkit kembali,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili dalam laporannya.

Ditambahkan Rifli festival karawo pertama kali digelar pada tahun 2011 dan tahun ini sudah yang ke 11 kalinya dilaksanakan. Meski masuk dalam agenda rutin yang digelar setiap tahuh, dua tahun terakhir festival kawaro terpaksa dihentikan karena situasi pendemi Covid-19. Untuk itu pelaksanaan tahun 2022 diharapkan Rifli dapat membawa Kembali kejayaan festival karawo baik di kanca nasional maupun internasional.

“Tujuan dari pelaksanaan Gorontalo Karnaval Karawo yakni mempercepat pemulihan ekonomi nasional maupun lokal setelah dua tahun terakhir diguncangkan pandemi covid-19. Menunjang keterlibatan ekonomi kreatif (ekraf) utamanya sub sektor ekraf seperti fashion, kuliner, dan kriya, perluasan lapangan pekerjaan dan usaha bagi pelaku ekraf, serta menarik minat masyarakat dalam mengenakan produk karawo sekaligus menguatkan ekonomi melalui pengembangan budaya lokal,” tambah Rifli.

Sementara itu Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer dalam sambutannya berharap dengan adanya pelaksanaan Gorontalo Karnaval Karawo dapat mendorong efektivitas pertumbuhan ekonomi berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat kontribusi bagi masyarakat sekitar. Selebihnya, ekspansi karawo sendiri diharapkan bisa lebih luas dan diteruskan oleh generasi ke generasi.

“Saya beberapa kali acara di Jakarta menerima penghargaan bersama Pak Sekda mengenakan corak karawo di sana termasuk kopiah karanji juga yang merupakan original produksi di Gorontalo. Beberapa daerah menanyakan dan memuji produk ini. Jadi teman teman sekalian perlu ekspansi lebih luas untuk bisa mengenalkan karawo diluar sana,” ungkap Hamka.

Disamping untuk mendorong ekonomi kreatif, kegiatan ini juga banyak melibatkan UMKM yang menurut Hamka hal ini memberikan kontribusi terhadap pariwisata dan geliat perekonimian di daerah.

Adapun pelaksanaan Gorontalo Karnaval Karawo 2022 ini akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 6 hingga 8 Juni 2022 dengan berbagai kegiatan seperti Talkshow Milenial, Lomba Motif Karawo Anak, dan Lomba Foto Konten Destinasi Wisata di Provinsi Gorontalo pada hari pertama. Selanjutnya Lomba Mo Karawo, Karawo Youth Camp, dan Karawo Fashion Show di hari kedua. Di puncak pelaskanaan festival akan ada penyelenggaraan Karnaval Karawo yang diikuti oleh perwakilan tiap-tiap OPD se-Provinsi Gorontalo.

Exit mobile version