Gorontalo Akhiri POPNAS 2023 Dengan 7 Medali

TATIYE.ID (SPORT) – Hari terakhir pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2023 di Palembang, Sumatera Selatan kontingen Provinsi Gorontalo menutupnya dengan perolehan 7 medali dari 6 cabang olahraga yang diikuti.

Adalah cabang olahraga (Cabor) Sepak Takraw menjadi yang terakhir berjuang diajang dua tahunan olahraga pelajar tersebut. Dengan harus puas meraih satu medali perunggu.

Ya, sebagai cabor unggulan, Sepak Takraw terbilang belum beruntung pada edisi Popnas tahun ini. Dari tiga nomor yang diikuti atlet binaan Herson Taha harus puas dengan raihan satu medali. Terakhir harapan di nomor double event harus kandas setelah hanya meraih sekali menang dan dua kali kalah.

“Harus diakui bahwa atlet-atlet kita meski memiliki kemampuan skill yang baik, tapi mereka terbilang miskin pengalaman bahkan sebagian besar Popnas tahun ini menjadi kali pertama mereka tampil di ajang nasional,” kata Herson Taha, Ahad (3/9/2023).

“Olehnya sebagai catatan kami, tryout baik lokal maupun ke luar daerah harus dilakukan kedepannya agar jam terbang atlet lebih baik dan kondisi demam panggung atau ragu dalam bertanding bisa diantisipasi,” lanjutnya.

Hal senada juga diungkapkan pelatih Taekwondo Gorontalo, Januar B. Lahay yang menuturkan selain tryout, seleksi lebih ketat dan kompetensi atau event sebelum tampil di Pra Popnas maupun Popnas juga menjadi evaluasi tersendiri Taekwondo Gorontalo.

“Kami sangat butuh event sebelum Pra Popnas dan Popnas sebagai ajang seleksi serta pemantauan atlet terbaik yang akan diturunkan di Popnas. Selain itu tryout juga sangat dibutuhkan untuk meraba kemampuan masing-masing daerah,” ujar Januar Lahay.

“Memang Pengprov TI Gorontalo sudah beberapa kali mengikutsertakan atlet di event seperti Kejurnas maupun regional, hanya saja hal itu belum maksimal karena ternyata lawan yang dihadapi di Kejurnas berbeda dengan yang tampil di Popnas,” tambah pelatih yang akrab disapa Sabeum Didit tersebut.

Pelatih Atletik Gorontalo, Jailani Ahmad yang diminta komentarnya terkait evaluasi pencapaian di Popnas tahun ini punya pandangan tersendiri. Ia mengakui kendati sukses meraih dua medali perak, namun jika kuota atlet lebih memadai, besar kemungkinan prestasi lebih baik bisa diperoleh.

“Harusnya kuota atlet bisa lebih ditambah lagi agar variasi pilihan lebih banyak. Dan tentunya ini akan berpengaruh pada penentuan atlet disetiap nomor yang akan diikuti di Popnas,” ucapnya.

Terakhir pelatih karate Popnas Gorontalo, Ricky Dama yang diminta tanggapannya terkait hasil Popnas tahun ini mengaku ada penurunan capaian prestasi karate di Popnas tahun ini. Sehingga usai Popnas evaluasi dan mencoba mencari formulasi pembinaan akan dilakukan lebih baik lagi termasuk merencanakan tryout sebagai ajang evaluasi.

“Yang pasti kita akan evaluasi hasil Popnas tahun ini,” jawabannya singkat.

Sementara itu Kadis Dispora Provinsi Gorontalo, Wahyudin Katili yang turut menyaksikan perjuangan duta Popnas Gorontalo mengaku meski belum mencapai target medali emas, namun secara keseluruhan Cabor yang mewakili Gorontalo sudah sangat kompetitif.

“Alhamdulillah perjuangan seluruh atlit pelajar dan coach baik saat persiapan dan pertandingan sangat maksimal. Hampir seluruh cabor yang diutus bisa mengantongi medali walaupun belum mancapai target medali emas. Ini sebagai pertanda bahwa Gorontalo cukup kompetitif diseluruh cabor yang diikuti. Peningkatan kualifikasi skill atlit menjadi target kedepan untuk bisa meraih peringkat terbaik,” jelasnya.

Sebagai informasi, di Popnas Sumsel 2023 dari 34 Provinsi yang ikut, Gorontalo berada diperingkat 29 dengan raihan 2 medali perak 5 perunggu. Posisi Gorontalo lebih unggul dibandingkan posisi Sulteng yang ada di posisi 30, Sultra 31, Babel 32, Maluku 33, dan Papua Barat diposisi juru kunci klasemen akhir medali.

Untuk juara umum Popnas 2023 sendiri masih diraih DKI Jakarta disusul Jatim dan Jabar. Hasil Popnas tahun ini juga untuk Gorontalo turun dibandingkan capaian pada Popnas 2019 lalu yakni finish diposisi 20 dengan 2 emas, 3 perak, dan 3 perunggu. (*)

RAIHAN MEDALI POPNAS 2023

CABOR PRESTASI

ATLETIK 2 PERAK
BULUTANGKIS –
PENCAK SILAT 2 PERUNGGU
KARATE 1 PERUNGGU
SEPAK TAKRAW 1 PERUNGGU
TAEKWONDO 1 PERUNGGU

Exit mobile version