Giliran Atlet Gorontalo di Jakarta Jalani Test Fisik

TATIYE.ID (SPORT) – Sebanyak 6 atlet yang lolos Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK-PON) 2024 empat cabang olahraga menjalani tes fisik. Sebelumnya KONI Provinsi Gorontalo melalui Satgas PON telah melaksanakan test fisik dan kebugaran 16 cabang olahraga yang berlangsung di GOR Nani Wartabone, Kota Gorontalo.

Sekertaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Gorontalo, Adhi Pala menerangkan, tes fisik terhadap para atlet itu sudah dilakukan sebelumnya dengan 16 cabang olahraga. Kali ini test fisik itu dilakukan tim Satgas untuk dua cabang olahraga yakni ski air dan kurash yang saat ini tengah menjalani latihan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

“Intinya tes ini untuk mengetahui secara menyeluruh terhadap kebugaran para atlet menghadapi PON XXI tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara. Trus kenapa dilakukan tes fisik?, ya biar kami mengetahui fisik yang sebenarnya masing-masing atlet, sehingga para atlet tahu strategi apa yang dilakukan. Sehingga bisa maksimal di PON 2024 mendatang,” ungkap Adhi Pala, Senin (26/2/2024).

Sementara itu, Wakil Ketua KONI Provinsi Gorontalo yang membidangi Binpres, dr. Ucok H. Rafiater menjelaskan, test fisik itu dilakukan kepada seluruh atlet yang lolos PON XXI. Dimana akan ada dua tahapan test fisik yang akan dijalani para atlet sebelum kemudian bertolak ke PON bulan September 2024 mendatang.

“Test ini untuk mengetahui fisik para atlet, sehingga ada standar yang diketahui. Kalau nantinya belum ada yang memenuhi tentu kita optimalkan. Sehingganya kami rencanakan pelaksanaan seleksi sebanyak dua kali,” terangnya.

“Provinsi Gorontalo saat ini tengah dalam treck positif pencaiapai prestasi jumlah cabor lolos ke PON dibandingan edisi-edisi sebelumnya. Nah tentu hal ini harus diimbangi dengan prestasi yang lebih meningkat dibandingkan edisi sebelumnya di PON Papua,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version