Germas Matahari: Strategi Kota Gorontalo Kendalikan Inflasi

TATIYE.ID (GORONTALO) – Sebagai pengendalian inflasi, Pemerintah Kota Gorontalo menggelar kegiatan Gerakan Masyatakan Mari Tanami Halaman dengan Rica (Germas Matahari) di SMP Negeri 11 Kota Timur, Kamis (28/03/2024)

Germas Matahari merupakan salah satu program Pemerintah sebagai langkah strategis untuk menekan inflasi melalui peningkatan produksi cabai. Program ini telah dimulai sejak tahun 2017 dari kecamatan Dungingi hingga mencakup 8 kecamatan.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, program ini melibatkan kerjasama dengan 23 Selolah Menengah Pertama (SMP) sekota Gorontalo. Setiap sekolah menerima alokasi bantuan berupa 50 bibit pohon cabai.

Dalam sambutannya, Walikota Gorontalo menekankan urgensi penanganan serius terhadap produksi cabai sebagai salah satu faktor penting dalam mengendalikan inflasi. Cabai merupakan komoditas yang memiliki dampak signifikan terhadap perubahan inflasi, sehingga penanganannya harus dilakukan secara serius.

“Cabai ini adalah salah komoditi yang cepat sekali menaikan inflasi kita, begitu cabai naik, kita susah untuk mengendalikan inflasi. Kita harus menaruh perhatian serius pada satu komoditi ini yang kalau kita tidak tangani secara serius, ini akan memicu inflasi yang sangat tinggi,” ujar Marten Taha, Walikota Gorontalo

Pemberian bantuan tanaman cabai merupakan wujud keseriusan pemerintah daerah dalam mengatasi inflasi yang dikemas dengan program Germas Matahari.

Walikota Gorontalo berharap bibit cabai yang diberikan dapat dikelola dengan baik oleh penerima bantuan, sehingga dapat menghasilkan produksi yang maksimal, juga mendukung pengendalian inflasi dan pertahanan pangan di kota Gorontalo

Exit mobile version