Gelombang Mutasi di Kanwil Kemenag Gorontalo Masih Akan Berlanjut

TATIYE.ID – Gelombang mutasi atau pergerakan formasi jabatan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Gorontalo masih akan kembali Berlanjut. Pasalnya, setelah beberapa hari lalu gerbong formasi Pejabat Pengawas dilakukan, selanjutnya gerbong mutasi golongan 3 juga akan mengalami perombakan yang sama.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung Kakanwil Kemenag Provinsi Gorontalo H. Syafrudin Baderung kepada tatiye.id di ruang kerjanya, Kamis (21/01/2021).

“kemarin kan sudah selesai mutasi serah terima jabatan eselon 4, selanjutnya eselon 3. Tapi itu harus di SK-kan oleh Kementerian Agama pusat. Dan kita sedang mengusulkan kemudian akan menunggu proses selanjutnya,” ujar H. Syafrudin Baderung.

“Tapi pada prinsipnya bahwa yang namanya rotasi, mutasi, promosi, reposisi itu adalah hal yang biasa di Kementerian Agama, khususnya di kalangan PNS karena tidak boleh PNS itu dari awal terangkat di situ terus,” lanjutnya.

Ditambahkan H. Syafrudin Baderung, dengan adanya mutasi atau promosi jabatan ini diharapkan kompetensi seorang ASN akan lebih berkembang. Apalagi di bagian administrasi di perkantoran seperti ini, kan harus bisa berpindah-pindah agar kompetensi itu bisa meningkat terus sekaligus menambah pengalaman baru sehingga bisa meningkatkan kualitasnya.

“di sini dengan adanya proses ini bisa diharapkan dapat meningkatkan kompetensi, meningkatkan skill serta meningkatkan kualitas berpikirnya,” kata Kakanwil yang akrab disapa Pak Haji itu.

Selain itu, proses mutasi dan lainnya ini tidak serta merta kehendak atau dorongan oknuoknum tertentu, tapi berdasarkan asesmen terpusat. Lalu melalui assessment center di Jakarta dapat diketahui apa yang menjadi kelemahan maupun keunggulan masing-masing ASN.

“Kita sudah punya pola yang berdasarkan asesmen sehingga kekuatan kelemahan pegawai masing-masing sehingga itu menjadi bagian penting dalam penelitian kualitas kompetensi, kredibilitas, dan integritas,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version