Gelar Sidang Isbat, Pemerintah Akan Tentukan Awal Bulan Ramadhan 1442 H

TATIYE.ID (NASIONAL) – Pemerintah akan menggelar sidang isbat untuk menentukan awal bulan Ramadhan 1442 H di Gedung Kementerian Agama, Senin (12/4/2021).

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, mengatakan, sidang ini akan digelar secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

“Insya Allah, sidang isbat awal Ramadhan digelar 12 April 2021. Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata Kamaruddin Amin dalam rilis Kemenag.
Kemenag menetapkan awal Ramadhan dengan metode manual melihat awal bulan (rukyatul hilal) menggunakan teleskop. Sementara Muhammadiyah menggunakan perhitungan astronomis (hisab).  Sidang Isbat akan melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, Dubes negara sahabat, perwakilan ormas, LAPAN, BMKG, dan undangan lainnya.
“Sidang isbat akan dipimpin oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas. Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII untuk hadir dalam sidang,” tutupnya.
Exit mobile version