Gelar Forum Warga, Bawaslu Bone Bolango Ajak Masyarakat Awasi Tahapan Kampanye Pemilu

TATIYE.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bone Bolango menggelar kegiatan fasilitasi forum warga pengawasan partisipatif pada tahapan kampanye tahun Pemilu 2024 yang digelar Hotel Grand-Q. Jumat (24/11).

Penyelenggaraan pengawasan tahapan Pemilu 2024 dan Pilkada Serentak 2024, Bawaslu membutuhkan dukungan dalam bentuk partisipasi politik yangdilakukan oleh berbagai dari elemen masyarakat.

Partisipasi politik yang dilakukan oleh masyarakat tidak hanya terwujud dalam bentuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya.

“Keterlibatan masyarakat harus juga diwujudkan dengan melakukan pengawasan atas kecurangan yang terjadi, serta melaporkannya kepada pengawas sebagai lembaga yang bertugas mengawasi proses Pemilu dan Pilkada serta satu-satunya lembaga yang merupakan pintu masuk pertama yang menindaklanjuti dugaan pelanggaran Pemilu dan Pilkada.pembelajaran politik yang baik bagi masyarakat” ucap Ketua Bawaslu Bone Bolango Sofyan Djama.

Lebih lanjut Sofyan Djama menuturkan pengawasan pemilu menjadi sarana pemilih. Dengan secara langsung terlibat dalam pengawasan Pemilu dan Pilkada, pemilih dapat mengikuti dinamika politik yang terjadi serta dan secara tidak langsung dapat belajar tentangpenyelenggaraan pemilu dan pilkada juga semua proses yang berlangsung.

” Salah satu misi Bawaslu adalah mendorong pengawasan partisipatif berbasis masyarakat” tegasnya

Dirinyapun mendorong partisipasi atau keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pengawasan pemilu, Bawaslu Kabupaten Bone Bolango membentuk sebuah kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dengan konsep pertemuan terbatas dengan menghadirkan pemateri yang berkompeten.

“Kegiatan tersebut nantinya juga akan dihadiri oleh peserta dari perwakilan perwakilan organisasi massa dan juga pemantau pemilu, tentunya diharapkan tercapainya output dan outcome kesadaran dari masyarakat terkait partisipasi dalampengawasan tahapan-tahapan pemilu yang berjalan” ucapnya.

Diakhir kata mantan Komisioner KPU Bone Bolango tersebut berharap dengan adanya pengawsan partisipatif dari warga dapat membantu kerja-kerja Bawaslu dalam mewujudkan Pemilu yang berintegritas.

Exit mobile version