Gelar FGD bersama Dinas Pengarsipan, Meyke Kamaru Jelaskan Pentingnya Tertib Arsip

Meyke Kamaru (Humas Deprov).

TATIYE.ID (DEPROV) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo, Meyke Kamaru Bersama Dinas kearsipan dan perpustakaan provinsi gorontalo menggelar kegiatan rapat Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka sosialisasi pengelolaan arsip di Provinsi Gorontalo.

Kegiatan sosialisasi yang dipusatkan di Rumah Makan Tepi Sawah, Kecamatan Kota Tengah, Senin (26/06/2023) itu dihadiri oleh Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Aparat Pemerintah setempat.

Melalui kegiatan ini Meyke menjelaskan pentingnya pengarsipan untuk Provinsi Gorontalo, dirinya mengatakan bahwa arsip dapat menunjang tugas dari pemerintahan maupun pembangunan di daerah itu sendiri sehingga membenahi arsip merupakan hal yang sangat penting di era sekarang ini.

“Tertib arsip ini adalah sebuah rangkaian dari proses pilar-pilar administrasi yang ada di pemerintahan itu sendiri, jika kita tidak melakukan arsip kita akan kehilangan data-data otentik baik itu di lingkup pemerintahan maupun dalam skala yang besar dan tentu ini sebuah kerugian bagi kita” ujar Meyke.

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Birokrasi maju, memori kolektif bangsa, peradaban unggul’ ini juga bekerja sama dengan Komunitas Pencinta Arsip (Kopia) yang melibatkan 10 orang relawan arsip dibawah binaan Dinas Pengarsipan Provinsi Gorontalo. 10 orang relawan tersebut ada yang dari Milenial, Ormas, dan beberapa SKPD.

Di tempat yang sama, Susanto Liputo selaku Ketua Kopia mengajak pemerintah maupun masyarakat untuk memprioritaskan dan menyelamatkan arsip yang ada.

“Kami meminta kepada pemerintah dan juga Lembaga yang terkait DPRD memprioritaskan ini, mari sama-sama kita selamatkan arsip yang ada, baik arsip yang ada di rumah tangga, di Pemerintahan, atau di Lembaga-lembaga, mari kita bantu pemerintah jaga arsip yang ada di Provinsi Gorontalo,” ungkap Susanto.

Exit mobile version