Gelar Diklat Penyelenggara Lomba, IOF Gorontalo Harap Punya Petugas Yang Berlisensi

 

TATIYE.ID (SPORT) Pelaksanaan event offroad berkualitas tidaklah gampang. Selain memerlukan persiapan matang, dana cukup, tentu perlu SDM terlatih. Nah, untuk itu Pengda IOF Gorontalo menggelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) penyelenggara perlombaan yang berlangsung selama dua hari akhir pekan kemarin.

Bagi Penyelenggara event offroad di Tanah Air, wajib memiliki Sertifikasi Kompetensi. Tanpa mengantongi Sertifikat C1 sampai C7, jangan harap izin dikeluarkan Indonesia Off-road Federation (IOF).

“Jadi memang untuk program pendidikan dan latihan kita selalu rutin mengadakannya. Sebab pendidikan latihan ini ditujukan untuk pertandingan khususnya perangkat pertandingan. Karena di IOS saat ini sudah ketambahan satu nomor lomba yakni roda dua. Sehingganya di dalam sebuah pertandingan dibutuhkan berbagai aspek, salah satunya petugas pertandingan maupun pimpinan perlombaan dan perlengkapan,” kata Humas PP-IOF Tunggul Birawa, (20/2/2021).

Makanya, penyelenggara event, mulai dari Technical Delegate, Event Director, Race Director, Scrutineering, Kamar Hitung dan Marshall harus mempunyai sertifikat keahlian. Dan harus ikut diklat serta lulus ujian sesuai bidangnya masing masing. Diklat Sertifikasi ini diperlukan sebagai syarat semua penyelenggaraan event di bawah regulasi IOF.

Sementara itu Sekertaris Pengda IOF dan juga sebagai Kadis Dikbdupora Provinsi Gorontalo, Wahyudin A, Katili berharap dengan adanya pelatihan ini akan berdampak pada peningkatan prestasi sekaligus promosi olahraga IOF di Gorontalo kedepannya.

“Diklat manajemen untuk pelaksanaan lomba ini baru pertama digelar di Gorontalo, bahkan untuk roda dua menjadi pertama di wilayah timur Indonesia diklatnya. Dan harapannya tentu Gorontalo kedepan akan memiliki personil-personil pelaksana lomba yang nantinya bersertifikat atau memiliki lisensi yang bisa digunakan oleh daerah-daerah lain,” harapnya. (*)

Exit mobile version