drg. Gamaria Lantik Pengurus Dekranasda Pohuwato, Ini Harapan Suharsi Igrisa

TATIYE.ID – Penjabat Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo, drg. Gamaria Purnamawati Monoarfa, SP.,KGA melantik Pengurus Dekranasda Kabupaten Pohuwato masa bakti 2021-2024 di rumah jabatan bupati yang dihadiri Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, Kadis Kumperindag Provinsi, Risjon Sunge pada Selasa (13/09/2022).

Diketahui, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pohuwato, Selvi Mbuinga Monoarfa dilantik menjadi Ketua Dekranasda Kabupaten Pohuwato bersama wakil dan bidang-bidang.

Wabup Suharsi Igirisa dalam sambutannya menjelaskan, Dekranasda Kabupaten Pohuwato memiliki tugas besar dalam menggali, melestarikan, membina, dan mendorong potensi pengrajin agar mampu berdaya saing, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah yang bermuara pada kesejahteraan rakyat.

“Saya harap pengurus Dekranasda Kabupaten Pohuwato yang baru saja dilantik ini semoga kedepan bisa membantu para pengrajin dan UMKM lokal untuk maju dan tumbuh sehingga mampu meningkatkan perekonomian daerah,” jelasnya.

Sebagai mitra strategis pemerintah dalam pembangunan, Wabup Suharsi mengajak Dekranasda Kabupaten Pohuwato untuk menyelaraskan program kerjanya sesuai visi misi dan program pembangunan Kabupaten Pohuwato dengan memaksimalkan potensi kerajinan daerah termasuk menjalin kerja sama dengan semua pihak.

“Harapan saya akan peran dekranasda dalam pembangunan di bumi panua ini benar terwujud. Kepada ASN yang turut dilantik menjadi pengurus dekranasda agar dapat mensinergikan kegiatan maupun program kerja dengan mangakomodir dan memfasilitasi program kerja yang ada di dekranasda sesuai tugas dan fungsi masing masing,” ucap dia.

Wabup Suharsi Igirisa juga berharap Dinas Perindagkop dan UKM, agar dapat memberikan ruang dan peran kepada dekranasda untuk turut memaksimalkan galeri dekranasda sebagai pusat sentra promosi kerajinan daerah yang ada di seluruh kecamatan di Kabupaten Pohuwato dengan satu kecamatan satu produk.

“Kedepan dekranasda sebagai salah satu wadah yang membina para pelaku usaha kecil menengah maupun industri kecil menengah khusus di bidang kerajinan untuk dapat berkreatif dan berimprovisasi mengembangkan barbagai macam produk dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi daerah”,pungkas Suharsi.

Sementara itu, Penjabat Ketua Dekranasda Provinsi, drg. Gamaria Purnamawati Monoarfa, SP.,KGA dalam sambutannya mengatakan, dekranasda adalah organisasi independen dan nirlaba bertujuan melestarikan dan mengembangkan warisan budaya pembinaan dan pengembangan produk kerajinan yang pada gilirannya dapat mengangkat harkat, martabat dan taraf hidup kesejahteraan para perajin.

Exit mobile version