DPRD Bonebol Minta Dinas Terkait Serius Tangani Masalah Banjir

TATIYE.ID (BONEBOL) – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango melalui dinas teknis terkait diharapkan serius dalam menangani masalah banjir. Pasalnya, setiap kali turun hujan dengan intensitas yang tinggi, sejumlah wilayah selalu tergenang banjir.

“Sampai kapan warga harus terus bersabar. Dinas terkait diharapkan harus serius tangani persoalan banjir. Karena setiap kali hujan turun dengan intensitas yang tinggi, beberapa wilayah di Bonebol pasti banjir” kata Wakil Ketua DPRD Bonebol, Azan Piola, Jumat (25/03/2022)

Lanjut Azan, seharusnya sejak awal pemerintah sudah bisa memprediksi bencana banjir yang terjadi di setiap awal dan akhir tahun. Ini dipicu hujan dengan intensitas tinggi dan menyebabkan sungai meluap.

“Jadi memang ini sebuah fenomena atau siklus yang harusnya bisa diprediksi. Ketika tahun lalu cenderung untuk hari-hari itu kering, maka hari ini bisa diprediksi akan terjadi hujan” ucapnya.

Upaya antisipasi banjir harus direncanakan pemerintah sejak jauh hari dengan melakukan perencanaan maupun pemetaan di wilayah rawan banjir. Seperti di Kecamatan Suwawa Selatan dan sebagian wilayah rawan banjir lainnya.

“Persoalan ini harus diseriusi oleh pemerintah daerah. Jangan sampai persoalan banjir ini terus menerus terjadi setiap tahun. Sebab bisa menimbulkan dampak yang tidak diinginkan bersama” pungkasnya. (**)

Exit mobile version