Don Miolo Berpulang, Keluarga dan IMI Gorontalo Turut Berduka

TATIYE.ID (SPORT) – Jumat 21 Januari 2022 dunia jurnalis olahraga khususnya dunia otomotif tanah air berduka atas meninggalnya salah seorang mantan jurnalis otomotif kawakan, Zainal Idris Miolo. Ungkapan duka cita juga sampaikan sekertarus IMI Gorontalo, Nurbadri Pakaya yang mengaku mengagumi karya-karya jurnalistik almarhum saat masih menjadi peliput abloid Otomotif, Motorplus.

“Jadi berita duka ini sangat membuat kita kehilangan sosok panutan ya. Bagaimana beliau sebgai orang yang berasal dari Gorontalo mampu berkiprah di nasional dengan pengalaman beliau di dunia otomotif sbagai jurnalis maupun founder di Tabloid motorplus dari jaman balap underbone tahun 2000an, kata Nurbadri Pakaya, Sabtu (22/01/2022).

Sosok almarhum yang akrab disapa Don Miolo tersebut sejatinya adalah putera Gorontalo yang terbilang sukses dibidangnya. Pendiri sekaligus pemilik ManiakMotor.com tersebut informasinya meninggal dunia pukul 22.10 WIB pada Jumat (21/01/2022) di RS. Siloam Semanggi, Jakarta karena sakit kanker ganas di usus (stadium 4) dan stroke setahun terakhir. 

Nurbadri Pakaya kepada tatiye.id  juga menuturkan, almarhumlah jurnalis pertama yang mempopulerkan istilah “diasapi” dalam setiap tulisan-tulisannya saat meliput olahraga balap motor di tanah air. 

“Yang saya tau dari bacaan-bacaan tentang olahraga balap motor ini, beliau sosok jurnalis yang gesit dilapangan. Bahkan ada istilah yang melekat dan berhasil dipopulerkannya yakni “diasapi”,” tutur sosok yang akrab disapa Sek Upin tersebut. 

“Semua karya-karya beliau patut kita teruskan, khususnya kita dari Gorontalo, selamat jalan om semoga amal ibadahnya di terima disisiNya,” tambah Upin.

Sementara terpisah, keluarga Almarhum di Gorontalo, Rosmawati Miolo yang dimintai tanggapannya akan sosok almarhum semasa hidup mengaku almarhum Don Miolo adalah sosok yang supel dan suka membantu sesama.

“Zainal Idris Miolo itu orangnya baik , supel , dan suka membantu sesama. Beliau merantau di tahun 1987 setelah lulus dari SMU Prasetya yang sekarang sudah berubah menjadi SMU 7 Gorontalo. Dan dalam kariernya beliau terkenal dengan sang jurnalis yang menggaungkan kata senggol dalam setiap berita otomotifnya, beliau dikenal oleh teman-teman jurnalis sebagai Don Miolo, te uty londo hulondhalo,” ungkap saudara perempuan Almarhum yang dihubungi tatiye.id via pesan singkat whatsapp.

Rosmawati juga menambahkan bahwa karier almarhum, pertama kali menjadi jurnalis di majalah Otomotif, kemudian majalah Motorplus, dan setelah pensiun dari Motorplus almarhum terakhir kalinya menjadi CEO Maniak Motor.com sejak tahun 2015 sampai dengan akhir hayat. (*)

Exit mobile version