Dinilai Mampu Bawa Perubahan Iklim, Nelson Dapat Pengakuan Organisasi Internasional

TATIYE.ID (KABGOR) – Kebijakan Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo terkait perubahan iklim mendapat apresiasi dari Lembaga New Energy Nexus Organisasi Internasional.

Hal itu terungkap saat Bupati Nelson diundang menjadi pembicara kehormatan yang memberi sambutan di Opening Ceremony Spark Clean Energy Festival 2022, di Ballroom The Westin Hotel, Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Nelson memaparkan, perencanaan pembangunan belum terintegrasi dengan aksi adaptasi perubahan iklim. Padahal dampak perubahan iklim sangat terasa di Kabupaten Gorontalo.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Nelson mengaku telah mengambil kebijakan untuk rencana aksi adaptasi perubahan iklim yang sudah dirancang sejak 2017. Selain masuk ke RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) dan RKPD 2017 (Rencana Kerja Pemerintah Daerah), pihaknya juga menganggarkan 10,5 persen.

“Untuk implementasi yang lebih efektif, kami juga mendorong pemerintah desa mengalokasikan 10 persen dari APBDes mereka untuk pengelolaan lingkungan,” kata Nelson.

Dalam kegiatan itu juga terungkap bahwa organisasi itu akan melibatkan diri dalam pengembangan hidroenergi pantai termasuk kendaraan energi terbarukan.

“Saya menyampaikan beberapa potensi itu, antata lain, hidroenergi dan sebagainya. Kedua, mereka ingin melibatkan diri misalnya pengembangan hidroenergi disekitar pantai termasuk kenderaaan -kenderaan energi terbaruhkan. mereka juga akan melakukan pameran di Gorontalo terkait energi terbaruhkan. Dan itu saya sudah meminta dilaksanakan dalam rangka hari ulang tahun Kabupaten Gorontalo bulan November Nanti,” tandas Nelson.

Exit mobile version