Dikbudpora dan UNG Sinergikan Pendidikan Keolahragaan

TATIYE.ID (SPORT) – Dinas Pendidikan, Kabudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo, dipimpin langsung Kadis, Wahyudin Katili soan ke ruang kerja Rektor Universita Negeri Gorontalo (UNG) Dr. Edward Wolok guna silaturahim dan sinergitas pendidikan khususnya keolahragaan di Provinsi Gorontalo.

Hadir pada pertemuan Rabu (20/1/2021) diantaranya Kabid Pemuda dan Olahraga, Hifni Tegela, Kasie Olahraga Prestasi, Alan Wungguli, Kasie Olahraga Rekreasi, Wakil Dekan I FOK, Hartono Hadjarati, Wadek III FOK, Edy Duhe, Sekjur Prodi Kepelatihan, Suprianto Kadir dan pelatih nasional sepak takraw Gorontalo, Herson Taha.

“Jadi begini, meski saya baru beberapa hari lalu dilantik sebagai Kepala Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo, satu hal yang sangat menjadi perhatian saya. Yakni bagaimana potensi di bidang olahraga di saat ini bisa lebih dikembangkan, tentu juga dari segi pendidikan harus dikelola dan disinergikan dengan baik. Maka dengan pertemuan atau silaturahim dengan Rektor UNG ini dapat mengsinergikan terutama dalam hal pendidikan tinggi dengan pembinaan prestasi. Sehingganya kedatangan kami tidak lain intinya untuk bagaimana mensinergikan visi misi Dikbudpora dengan UNG,” ungkap Kabid Pemuda dan Olahraga, Hifni Tegela kepada tatiye.id.

Ditambahkan Hifni, salah satu sinergitas yang akan dibangun bersama UNG terkait kemudahan bagi atlet-atlet berprestasi yang saat ini berada dijenjang pendidikan sekolah menengah atas untuk selanjutnya melanjutkan study di perguruan tinggi.

“jadi harapannya, kami ingin ada semacam kompensasi bagi mereka para atlet-atlet yang ada di tingkat SMA atau SMK saat ini yang sebentar akan lagi mau masuk perguruan tinggi. Kami berharap prestasi yang dimiliki dapat perlakuan khusus yang optimal saat masuk perguruan tinggi,” tambah Kadis Dikbudpora.

Sementara itu, Rektor UNG, Edward Wolok mengaku sangat menyambut baik maksud tujuan Dikbudpora Provinsi Gorontalo ini. “Saya orang olahraga, dan saya sangat mendukung untuk ini,” ujar Edward Wolok.

Hanya saja tambah Kadis Dikbudpora Provinsi Gorontalo, meski demikian perlu memperhatikan segala sesuatunya seperti aspek kualitasnya, kemudian bagaimana mereka bisa mengembangkan bakat mereka agar tidak terganggu dengan study. Dan tentu bagaimana mengembangkan bakatnya tapi juga bisa bersinergi untuk memacu prestasi akademik ini tentu harus kita bicarakan dengan baik.

“Olehnya mungkin sebentar nanti kita akan melakukan semacam perjanjian kerjasama, antara Pemprov Gorontalo dalam hal ini Dikbudpora dengan UNG sebagai perguruan tinggi yang memiliki fakultas olahraga,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version