Di Pohuwato, Aplikasi GISA Mulai Disosialisasikan

TATIYE.ID (POHUWATO) – Pemda Pohuwato mulai mensosialisasikan kebijakan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil lewat Aplikasi GISA bagi aparat desa dan kecamatan se-Kabupaten Pohuwato, Senin (09/08/2021).

Sosialisasi aplikasi GISA yang dimulai Pemda Pohuwato bagi seluruh aparat desa yang berada di wilayah barat Pohuwato (Popayato grup) ini, dibuka langsung oleh Wabup Suharsi Igirisa.

Dalam sambutannya, Wabup menjelaskan jika hal ini diselenggarakan sesuai instruksi Mendagri nomor 470/837/SJ kepada Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia untuk langkah-langkah sesuai tugas fungsi dan kewenangan untuk melaksanakan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA).

“Langkah itu dengan cara peningkatan perilaku aparatur untuk mendukung pelayanan adminduk, menyederhanakan mekanisme dan syarat pelayanan adminduk, membuat inovasi pelayanan lebih efektif dan efisien serta mengembangkan sistem pelayanan adminduk online dan terintegrasi,” jelas Wabup

“Dalam keadaan covid 19 seperti ini, pelayanan pada masyarakat terus dapat berjalan dengan baik, sehingga perlu melakukan terobosan inovasi baru yaitu layanan Administrasi Kependudukan secara online,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt. Kadis Dukcapil, Ahmad Djuuna menerangkan bahwa sosialisasi Aplikasi GISA ini di selenggarakan untuk memudahkan masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan.

“Dengan aplikasi ini masyarakat tidak perlu lagi datang secara beramai ramai ke Dinas Kependudukan dan catatan sipil, cukup di rumah saja, di kantor masing-masing dengan dukungan internet,” ujar Ahmad Djuuna.

“Aplikasi ini bisa menghemat waktu, tenaga, biyaya serta resiko perjalanan juga di perkecil, dengan adanya sosialisasi ini, saya berharap aparat kecamatan dan desa bisa merubah mindset pelayanan kemasyarakat,” pungkasnya.

Exit mobile version