Di Pilkada Kabgor, Sudah 6 Partai Nyatakan Usung Kader Jadi Cabup

TATIYE.ID (GORONTALO) – Pemilihan Langsung Kepala Daerah atau Pilkada serentak tahun 2024 mendatang, tampaknya bakal jadi ajang paling menarik. Dari enam Pilkada Kabupaten Kota yang bakal dilaksanakan di Provinsi Gorontalo, Pilkada Kabupaten Gorontalo tampaknya bakal jadi yang paling banyak kandidatnya.

Sejauh pantauan tatiye.id, tercatat enam partai yang sudah menyatakan bakal mengusung kadernya untuk maju sebagai calon bupati atau Cabup. Keenam partai dimaksud adalah PPP, Golkar, NasDem, Demokrat, PAN dan PKS.

Berikut nama kader partai yang bakal diturunkan pada Pilkada Kabgor 2024.

  1. Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sebagai partai penguasa di Kabupaten Gorontalo, karena memiliki kader di posisi tertinggi eksekutif dan legislatif Kabupaten Gorontalo, PPP memiliki beberapa kader yang layak maju pada Pilkada 2024. Mereka adalah Syam T. Ase (Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo), Awaludin Pauweni (Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo), Usman Razak (Anggota DPRD Provinsi Gorontalo) dan Fory Naway (Istri Bupati Gorontalo).
  2. Partai Golkar. Partai berlambang pohon beringin ini adalah Koalisi utama PPP pada Pilkada 2020 lalu, yang mengantarkan Nelson Pomalingo dan Hendra Hemeto sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabgor saat ini. Posisi Hendra Hemeto yang juga merupakan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Gorontalo, membuat dirinya menjadi pilihan utama partai Golkar untuk diusung sebagai Calon Bupati Kabgor pada Pilkada 2024. Selain Hendra ada beberapa kader Golkar yang potensial menjadi kandidat, mereka adalah Wakil Ketua DPRD Kabgor, Irwan Dai dan Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Wasito Sumawiyono.
  3. Partai NasDem. Sebagai salah satu partai terbesar di Kabupaten Gorontalo, Partai NasDem sangat diperhitungkan dalam konstelasi Pilkada Kabgor tahun 2024. Partai ini memliki beberapa kader yang potensial untuk diusung maju ke Pilkada Kabgor 2024. Setidaknya ada 3 kader yang layak dimajukan,ereka adalah Roman Nasaru (Ketua NasDem Kabgor), Sofyan Puhi (Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo) dan Rustam Akili (Mantan Cabup NasDem pada Pilkada 2020).
  4. Partai Demokrat. Nama politisi senior Partai Demokrat, Arifin Djakani, menjadi satu-satunya kader Demokrat yang namanya Wara-wiri di bursa Cabup Pilkada Kabgor tahun 2024. Beberapa sumber bahkan menyebut, keseriusan Arifin ikut Pilkada Kabgor bakal dibuktikan dengan absennya Arifin pada Pileg 2024. Infonya, Arifin ingin fokus mempersiapkan diri menuju Pilkada Kabgor 2024 sehingga memilih Off dari pertarungan Pileg 2024.
  5. Partai Amanah Nasional (PAN). Dua nama uang paling sering disebut oleh internal PAN yang dipersiapkan maju ke Pilkada Kabgor. Pertama, Fadli Hasan yang saat ini menjadi legislator di DPRD Provinsi Gorontalo, yang juga merupakan mantan Wakil Bupati Kabgor periode pertama Bupati Nelson Pomalingo. Selain Fadli, nama Ketua PAN Kabupaten Gorontalo, Ningsih Nurhamidin. Saat ini Ningsih adalah anggota DPRD Kabupaten Gorontalo.
  6. Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Nama Ketua DPW PKS Provinsi Gorontalo, Adnan Entengo, adalah figur yang paling sering disebut bakal jadi kandidat Bupati / Wakil Bupati dari PKS. Anggota DPRD Provinsi Gorontalo yang sebelumnya pernah menjadi legislator di Kabupaten Gorontalo ini, dinilai layak jual untuk Pilkada 2024. Selain Adnan, PKS sendiri memiliki stok kader yang cukup potensial menjadi kandidat, seperti dua anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Manaf Hamzah dan Yasin Usman Dilo.

Selain nama-nama kader partai tersebut di atas, Pilkada Kabgor juga bakal memunculkan kandidat non kader partai. Sayangnya, sampai saat ini, kandidat non partai belum ada yang secara terbuka bakal turun bertarung di Pilkada. Hanya sejumlah figur seperti Anggota DPD Rahmiyati Yahya bahkan Sekda Kabgor, Roni Sampir, sering muncul di bursa kandidat Pilkada Kabgor 2024. (*)

Exit mobile version