Di Bonebol, Bayar Pajak Dilengkapi Notifikasi Via Whatsapp

TATIYE.ID (BONEBOL) – Sebagai warga negara yang baik, tentu membayar pajak adalah kewajiban bagi seluruh masyarakat Indonesia. Di Bone Bolango, kini telah hadir notifikasi lewat Whatsapp untuk mempermudah pelayanan pajak.

“Sekarang tiap bayar pajak retribusi ada notifikasi langsung ke wajib pajak, begitu juga untuk pelayanan berkas BPHTB, kini ada notifikasi WA ke PPAT maupun wajib pajak. Jadi pelayanan lebih mudah dan cepat,”t erang Kepala Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BKPD) Jusni Bolilio, di ruang kerjanya, Selasa (23/3/2021)

Dijelaskannya inovasi ini dalam rangka elektronifikasi transaksi pemerintah daerah, demi peningkatan layanan publik, aplikasi SIKAP (Sistem Integrasi Keuangan dan Pendapatan) Pemerintah Kabupaten Bone Bolango dilengkapi dengan notifikasi layanan otomatis kepada Wajib Pajak ataupun Wajib Retribusi.

“Jadi, setiap Layanan PBB, BPHTB maupun penyetoran Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, akan secara otomatis mengirim history transaksi kepada pelanggan,”terang Jusni dan mengatakan. aplikasi SIKAP kini telah dilengkapi dengan notifikasi layanan otomatis melalui WA.

Cara kerjanya sederhana, jelas Jusni, misalnya ada PPAT melakukan pengurusan berkas BPHTB, maka setiap tahapan pengajuan berkas yang diajukan ke aplikasi e-BPHTB by SIKAP kami, akan secara informatif juga mengirimkan notifikasi WA ke PPAT.

Apakah berkas Pengajuan PPAT telah diterima atau ditolak, ataupun berkas telah dilakukan approval pejabat, atau PPAT telah dapat melakukan pencetakan SSPD BPHTB, dan disaat bersamaan juga akan mengirimkan notifikasi kepada petugas kami. Misalnya ada Berkas BPHTB baru yang masuk, ada berkas yang butuh verifikasi dan lain sebagainya.

“Harapan kami system ini dapat mengefisienkan pekerjaan serta memperpendek waktu pelayanan karena setiap layanannya telah ter-history secara elektronik,”jelas Jusni Bolilio.

Selain BPHTB, lanjut Jusni, pelayanan PBB, pajak restoran dan retribusi daerah telah juga dilengkapi dengan layanan ini. Notifikasi SIKAP WA GATEWAY ini juga merupakan layanan pengiriman pesan informasi pajak daerah dan retribusi lainnya kepada masyarakat, serta juga sebagai sarana Chat Center bagi masyarakat yang ingin bertanya seputar layanan pajak dan retribusi daerah.

“0823-3433-8577 merupakan nomor layanan pendapatan kami, serta nomor SIKAP WA Gateway. Besar harapan kami seluruh masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini, demi terciptanya peningkatan layanan publik dan PAD, dan sesuai dengan harapan pak Bupati untuk menjadikan Bone Bolango sebagai Kabupaten Digital,” tutup Jusni.

Exit mobile version