Di Akhir Jabatan Ini Prestasi Kades Luwohu Ismail Rahman Yang Ditinggalkan

KABAR DESA (TC) – Komitmen untuk terus memajukan serta mengurangi angka kemiskinan di Desa Luwohu Kecamatan Botupingge memang tidak main main, Berbagai cara yang dilakukan oleh Kepala Desa Ismail Rahman dalam rangka mewujudkan Luwohu menjadi satu-satunya desa yang berpredikat Desa Maju sebagaimana penilaian Kementrian Desa.

Berbagai program pengentasan kemiskinan yang dilakukan oleh Kepala Desa Luwohu Ismail Rahman melalui Program dana desa,Program yang menjadi andalan desa Luwohu adalah pemberian bantuan melalui pertanian dan pemberdayaan kepada kepala keluarga (KK) miskin,Dan hal tersebut berhasil menurunkan angka kemiskinan yang ada di Desa Luwohu.

” Ketika saya menjabat Kepala Desa Luwohu tahun 2014 kemarin, Angka KK miskin yang ada di Desa Luwohu sebanyak 52 KK dan saat ini diakhir masa jabatan saya sebagai Kepala Desa menyisakan 9 KK, Angka kemiskinan tersebut berhasil ditekan berkat Program dana desa yang lebih menyentuh langsung kepada KK Miskin “. Ungkap Ismail Rahman kepada wartawan Kabar Desa. Senin (14/10).

Lebih lanjut purnawirawan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ismail Rahman menuturkan selain fokus kepada pengentasan kemiskinan saja,Tapi lebih fokus juga kepada pemberantasan buta huruf arab.

” Saya memberlakukan wajib baca huruf arab kepada seluruh masyarakat, Baik itu orang tua dan remamuda, Sehingganya saat ini Alhamdulillah ibu ibu yang tergabung dalam Majelis Taklim sudah pandai melantunkan ayat ayat suci Alquran dan sudah beberapa kali tampil di stasiun Tv Nasional” Ungkap Ismail Rahman

Program berikutnya yang menunjang berhasilnya predikat Desa maju diraih oleh Desa Luwohu adalah dengan meningkatkan sumber daya manusia melalui pendidikan, Dengan membangun Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) sehingganya melalui wadah tersebut anak usia sekolah dan orang tua yang putus sekolah kembali mengikuti pendidikan non formal melalui program paket A, Paket B dan Paket C

“Alhamdulillah saat ini kami telah membangun PKBM sebagai wadah untuk pendidikan kepada masyarakat desa Luwohu yang putus sekolah untuk dapat melanjutkan pendidikannya melalui program paket A, Paket B dan Paket C”. Ungkap Ismail Rahman

Ketika ditanyakan awak media kenapa tidak mencalonkan diri lagi sebagai Kepala Desa untuk periode kedua ? Dengan nada tenang Ismail Rahman menuturkan bahwa 34 Tahun sudah dirinya mengabdi sebagai anggota TNI dan 6 Tahun sebagai Kepala Desa,Saat ini dirinya ingin menikmati masa pensiunnya.

Pewarta : Zulkifli
Area Liputan : Botupingge, Bone Bolango.

Exit mobile version