Deprov Gorontalo Seriusi Pengelolaan Sampah di TPA Talumelito 

TATIYE.ID (GORONTALO) – Pengelolaan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Desa Talumelito, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, mendapat perhatian serius dari Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo. Sebab, dengan adanya renovasi TPA Talumelito, penampungan sampah akan cepat meningkat dan penuh. 

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo, Ismail Alulu saat melalukan kunjungan kerja bersama jajaran komisi di lokasi tersebut, Kamis (27/1/2022).

“Kita khawatir, dengan pembangunan ini, berakibat pada jumlah sampah yang masuk akan sangat besar, kemudian tempat penampungan tidak sesuai dengan kuota sampah yang berlebih,” ungkap Ismail Alulu.

Menurut Ismail, volume penampungan sampah di TPA Talumelito tidak sebanding dengan sampah yang masuk dari tiga daerah yakni, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango.

“Setelah kami mendapatkan informasi dari pegawai TPA, ternyata di beberapa kota  dan kabupaten itu terdapat tempat pembuangan sementara (TPS), ini sengaja dibangun untuk menangani sampah yang jumlahnya kecil. Namun banyak TPS ini yang tidak beroperasi dan tidak dimanfaatkan,” ujar Ismail.

Menanggapi hal itu, Ismail mengaku akan berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten/kota, agar penampungan sampah di TPA Talumelito tidak cepat penuh dan TPS dimasing-masing daerah dapat difungsikan kembali.

“Kalau misalkan ada jalan keluarnya, kenapa tidak. Kita harus lakukan itu. Misalnya terkendala penganggaran, maka kita akan dorong. Kalaupun membutuhkan operasional dan lain-lain, kita akan bicarakan bersama,” lanjut Ismail.

“Oleh karena itu kita sebagai anggota DPRD selaku mitra dari Pemerintah berusaha untuk mencarikan solusi. Bagaimana caranya pembangunan itu bisa dimanfaatkan dengan baik, Karen uang negara rugi jika tidak dimanfaatkan,” tandasnya.

Exit mobile version