Deprov Dorong Vaksinasi Covid-19 Bagi Tahanan Lapas di Gorontalo

Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo saat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Gorontalo, Kamis (25/3/2021). Foto: Nhea

Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo saat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Gorontalo, Kamis (25/3/2021). Foto: Nhea

TATIYE.ID (DEPROV) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo mendorong pemerintah untuk mempercepat vaksinasi covid-19 bagi tahanan lapas di Gorontalo. Hal itu terungkap saat Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo melakukan kunjungan kerja di Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo, Kamis (25/3/2021).

“Kita meminta untuk warga binaan sebaiknya divaksin keseluruhan, sehingga tidak beresiko terjadinya penularan ataupun klaster baru dari warga binaan yang ada di LP,” kata Ketua Komisi I Deprov, AW Thalib saat diwawancara.

Permintaan itu bukan hanya dilayangkan pihak Legislatif, menurut AW, pihak eksekutif juga telah meminta hal yang sama ke Kanwil Kemenkumham untuk mempercepat vaksinasi bagi penghuni lapas.

“Itu juga yang diminta pak Gubernur. Dan pak Gubernur juga akan membantu penyediaan vaksin untuk warga binaan. Harapannya ini segera teralisasikan,” tutur AW Thalib.

Bukan hanya vaksinasi covid-19, Aw Thalib bahkan mendorong adanya Rumah Tahanan Negara (Rutan) di Provinsi Gorontalo. Mengingat Tahanan yang tengah menunggu proses penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang pengadilan selama ini hanya dititipkan dipihak kepolisian.

“Tentunya Rutan ini sudah sangat mendesak, karena biasanya, tahanan kejaksaan yang akan segera divonis hanya dititip di kepolisian, ada yang di Polres bahkan di Polsek, dan itu sangat beresiko sekali, Sementara mau dititipkan di lapas sudah overcapacity,” pungkasnya. (*)

 

Exit mobile version