Demi Tingkatkan SDM Pertanian, Bupati Saipul Tandatangani MoU bersama Polbangtan Gowa dan UIN Makassar

TATIYE.ID (POHUWATO) – Pemda Pohuwato melalui Bupati Saipul Mbuinga secara resmi menadatangani MoU kerjasama pengembangan SDM bidang pertanian bersama Politeknik Pengembangan Pertanian (Polbangtan) Gowa dan Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar.

Penandatanganan yang berlangsung di Polbangtan Gowa dilakukan Bupati Pohuwato Saipul A. Mbuinga dengan Direktur Polbangtan, Dr. Ir. Syaifuddin,MP serta dihadiri Wakil Dekan 3 Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Dr, Muhamad Ansar Abubakar, Anggota DPRD Pohuwato, Abdullah Diko, Assisten Pemerintahan dan Kesra, Arman Mohamad, Kadis Pertanian, Kamri Alwi, Sabtu, (06/11/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Saipul Mbuinga mengucapkan terima kasih atas kerjasama tersebut dan berharap akan memberikan manfaat dan kontribusi antara kedua pihak khususnya kami dari pemda Lohuwato.

“Pohuwato adalah salah satu kabupaten yang menyuplai produksi pangan terbesar dan terluas di Provinsi Gorontalo khususnya jenis komoditi jagung, kopra, coklat dan beras. Sektor pertanian secara umum termasuk peternakan, perikanan adalah sektor terbesar penyumbang pendapatan masyarakat, sehingganya penting untuk menyiapkan SDM di bidang tersebut,”

“Salah satu upaya dilakukan adalah kerjasama dengan Polbangtan Gowa dan UIN untuk percepatan ketersediaan SDM pertanian yang unggul, profesional, memiliki jiwa entrepreneurship dan berkompoten, menguasai teknologi dan metode pertanian yang modern. Kontribusi yang inshallah bisa dikerjasamakan diantaranya kami dapat mengirim anak-anak mahasiswa terutama rektutmen dari anak petani yang potensial,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Polbangtan, Dr. Ir. Syaifuddin memberikan apresiasi atas langkah yang dilakukan Bupati bersama Pemda Pohuwato terkait kerjasama tersebut.

“Kerjasama ini berarti harus bekerja secara bersama-sama untuk meringankan beban dan mempercepat apa yang diharapkan. Kami harapada wakil dari pemda untuk menjadi calon mahasiswa disini baik jalur regular, umum, anak petani serta lainnya. Kami bangga kepada pak bupati yang begitu mendukungnya. Dimana sudah pernah ada ASN pohuwato yang kuliah disini,” jelas Dr. Syaifuddin.

“Saat ini pihak Polbangtan Gowa juga membuka program beasiswa untuk pegawai kontrak (P3K) yang berijazah SMA dengan usia maksimal 52 tahun, dan diharapkan Pemda Pohuwato dapat memanfaatkan kesempatan ini tanpa ada batasan jumlahnya,” pungkasnya.

Exit mobile version