Deasy Harap HUT ke-15 Gorut Bawa Keberkahan Bagi Masyarakat

TATIYE.ID (GORUT) – Ketua DPRD Gorontalo Utara, Deasy Sandra M. Datau berharap HUT ke-15 Kabupaten Gorontalo Utara dapat membawa keberkahan bagi seluruh masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Deasy pada saat memimpin sidang paripurna istimewa, Selasa (26/04/2022).

Srikandi PDI Perjuangan ini menyebut bahwa hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi rakyat Gorut, tepatnya pada tanggal 26 April 2007 setelah 15 tahun silang dilangsungkan peresmian daerah otonomi baru, yakni Kabupaten Gorontalo Utara oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sekaligus pertama kalinya dilakukan pelantikan pejabat Bupati oleh Gubernur Gorontalo.

“Pelantikan dan peresmian tersebut perwujudan amanah Undang – Undang No 11 2007 tentang pembentukan Kabupaten Gorut, sekaligus sebagai tongkat awal bagi rakyat untuk membangun daerahnya secara otonom serta mandiri, dalam bingkai yang tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ucap Deasy.

Politisi senior PDI – P ini mengatakan bahwa Gorut merupakan daerah yang memiliki letak strategis, karena berhadapan langsung dengan beberapa negara maju, diantaranya seperti Korea, Jepang, Taiwan, dan China. Sehingga secara giografis Gorut memiliki 52 pulau dengan garis pantai mencapai 317km.

“Gorut memiliki 52 pulau dengan garis pantai mencapai 317km. Maka dinobatkan sebagai garis pantai terpanjang di wilayah Provinsi Gorontalo,” ujarnya.

“Dengan laut yang teramat luas, menjadikan Gorut sebagai daerah yang memiliki potensi kelautan tidak terhingga. Pasalnya letak kabupaten ini dibagian sisi utara berhadapan dengan beberapa negara maju, sehingga memposisikan Gorut sebagai pintu masuk akses perdagangan Inter nasional melalui Provinsi Gorontalo dan beberapa provinsi lainnya dibagian selatan indonesia,” katanya.

Selain itu lanjut Deasy, Gorut memiliki potensi wisata sangat besar, hal tersebut karena memiliki pulau – pulau yang menjadi destinasi wisata bagi turis – turis manca negara.

“Gorut memiliki pulau – pulau yang menjadi destinasi wisata bagi turis – turis manca negara, diantaranya seperti Pulau Saronde, Pulau Huha, Pulau Doko Kayu, Pulau Pepaya, Pulau Dionumo, Pulau Tolinggulo to Tolinggula, serta Pulau Mohinggito. Selain itu adapun beberapa pantai lainnya, seperti Pantai Minanga, Pantai Monano, Pantai Botudidingga, dan Pantai Hutakalo,” jelasnya. (*)

Exit mobile version